Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Ganda Putra Masih Lengkap
09 Desember 2010
Ganda Putra Masih Lengkap
 
 

Seluruh ganda putra Indonesia yang bertanding di Yonex Sunrise Hongkong Open Super Series belum terbendung. Enam pasang ganda putra Indonesia, semuanya berhasil menempatkan diri pada babak kedua. Kemenangan dibuka oleh pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano saat bertemu pasangan dari Makau Io Chong Chan/Chi Man Lam. Juara Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 ini unggul segala-galanya dari pasangan makau. Baik pada set pertama maupun set kedua pasangan Makau tak pernah sekalipun bisa menyamakan angka yang dibuat pasangan Indonesia . Hanya dalam sembilan belas menit, pasangan Indonesia menang dengan 21-9, 21-7.

Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan butuh perpanjangan set untuk menamatkan perlawanan pasangan dari Hongkong Chun Yiu Leung/Yohan Hadikusumo Wiratama. Dominasi pasangan Hongkong tergambar jelas di set pertama. Terukur dari serangan yang dilepaskan pasangan Hongkong, membuat pasangan Indonesia hanya bisa bertahan.Tercatat hanya dua kali, itupun diawal set pertama pasangan Indonesia mampu menyamakan kedudukan. Selebihnya pasangan Hongkong selalu menjauh dan hanya bisa didekati tanpa bisa didahului. Set pertama di tutup pasangan Hongkong dengan 15-21. Di set kedua ganti pasangan Indonesia yang memborbardir pasangan Hongkong dengan serangan. Paruh set kedua pun menjadi milik pasangan Indonesia dengan 11-9. Pasangan Indonesia sempat unggul jauh ketika angka menunjukkan 16-10. Sisa lima angka yang harus didapat pasangan Indonesia tak mudah untuk diraih. Pasangan Hongkong tak membiarkan pasangan Indonesia menjauh, mereka bahkan hampir bisa menyamakan kedudukan saat 19-18. Setelah masing-masing menambah satu angka, pasangan Indonesia bisa meraih kemenangan di set kedua dengan 21-19 sekaligus memaksa pertandingan menjadi rubber game.

Pada set penentuan, kedua pasangan silih berganti memimpin perolehan angka. Pasangan Hongkong sempat melesat dengan 7-3, tetapi hanya dalam sekali service pasangan Indonesia bisa menambah enam angka secara berurutan dan membuat skor menjadi 9-7. Sampai pertengahan set kedua pun pasangan Indonesia tetap berada di depan dengan 11-9. Setelah pergantian tempat pasangan Hongkong bisa mengejar dan membuat angka sama sebanyak tiga kali dengan angka sama terakhir pada 15-15. Pada angka kritis, pasangan Indonesia bisa sedikit bermain tenang dan mendapat banyak tambahan angka dan menyudahi perlawanan pasangan Hongkong dengan 21-17.

Empat pasang ganda putra lainnya hanya memerlukan dua set untuk mengalahkan lawan-lawannya. Anggra Pratama/Ryan Agung Saputro masih terlalu tangguh bagi Alistair Casey/Mathew Fogarty. Mereka menang dengan 21-9, 21-12. Markis Kido/Hendra Setiawan juga tak menemui kesulitan saat mengalahkan pasangan Denmark Rasmus Bonde/Anders Kristiansen dengan 21-13, 21-18. Dua pasang ganda senior tak mau kalah. Luluk Hadiyanto/Candra Wijaya menang dari pasangan Kanada Andrian Liu/Derrick Ng dengan 21-10, 21-15 sementara Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan menang dari pasangan Taiwan Lee Min Chun/Wu Wei Chun dengan 21-19, 21-8. Babak kedua terasa berat bagi Mohammad Ahsan/Bona Septano karena harus menghadapi unggulan utama asal Malaysia Koo Kean Keat/Tan Boon Heong. (AR)

Hasil Pertandingan Hongkong Open Super Series 2010