Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia Masters 2019] Ginting Takluk di Tangan Chen Long
18 Januari 2019
[Malaysia Masters 2019] Ginting Takluk di Tangan Chen Long
 
 

Pupus sudah pebulutangkis tunggal putra Indonesia unggulan ke enam Anthony Sinisuka Ginting untuk meraih gelar juara di turnamen Malaysia Masters 2019 ini. Setelah langkah Ginting terhenti di babak perempat final yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jumat (18/1) tadi. Ginting akhirnya takluk juga di tangan pemain unggulan tiga asal Tiongkok Chen Long.

Meski sudah lima kali Ginting mengalahkan pemain rangking empat dunia itu dan memiliki catatan manis di perjumpaan terakhir dengan mengalahkannya di turnamen China Open 2018 lalu. Tetapi kali ini Ginting yang bertanding di lapangan satu tadi, harus menyerah dengan kekalahan dua game langsung. Pebulutangkis Indonesia yang berada di rangking tujuh dunia itu pun takluk di menit ke 49.

Bahkan pada game pertama tadi, Ginting tak berdaya dengan pola permainnan Chen Long dan justru kalah dengan angka terpaut jauh, 11-21. Tak mau kalah, Ginting berusaha bangkit dan dapat mengimbangi pemain Tiongkok itu. Kejar mengejar angka pun tak terelakan hingga dipaksa melakoni pertarungan adu setting. Tetapi sayang, dewi fortuna belum memihak ke Ginting dan kalah di game duanya dengan angka tipis, 20-22.

Diakui oleh Ginting, kalau dipertandingan tadi ia tidak dalam permainnan terbaiknya dan justru banyak melakukan kesalahan sehingga tidak dapat mengatasi pola permainnan Chen Long. "Rasa pengen menang pasti ada, tetapi hari ini saya merasa kurang bagus mainnya. Karena pas game pertama waktu posisi menang angin saya tidak bisa mengatasi dari cara mainnya dan malah banyak mati sendiri," ujar Ginting seperti dilansir badmintonindonesia.org.

Sebenarnya Ginting ada kesempatan untuk meraih game dua tadi. Ginting berhasil menyamakan kedudukan 20-20 hingga terjadi adu setting. Tetapi karena tidak bisa menjaga konsistennya dan tidak bisa jaga fokus Ginting pun menyerah.

"Game dua sebenarnya sudah kalah angin dan sudah enak mainnya. Hanya saya tidak bisa menjaga konsisten mainnya, tak bisa jaga poin dan jaga fokus juga. Sempat tertinggal tapi bisa menyamakan kedudukan jadi 20-20. Justru saya tidak bisa memanfaatkan kesempatan itu. harusnya dari awal saya bisa jaga fokus," tambahnya Ginting.

Selain memuji penampilan Chen Long di laga perempat final tadi, Ginting juga berjanji akan memperbaiki penampilannya jika berjumpa dengan pemain rangking empat dunia itu.

“Cara main saya harus diperbaiki lagi, karena lawan kan bisa membaca. Sebenarnya dia nggak macem-macem mainnya, cuma dia lebih safe aja. Lebih bisa jaga fokus saat sama-sama ketat dia nggak gampang blank,” tutup Ginting. (ds)