Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Axiata Cup Siap Digelar, PB Djarum "Sumbang" Enam Atlet
19 Maret 2013
Axiata Cup Siap Digelar, PB Djarum "Sumbang" Enam Atlet
 
 

Kejuaraan yang menawarkan hadiah terbesar di ajang beregu bulutangkis yang diberi nama Axiata Cup, kembali akan digelar di Indonesia dan Malaysia. Babak penyisihan sendiri akan digelar di dua kota yakni di Surabaya, Indonesia dan di Kuala Lumpur Malaysia.

Tahun lalu mereka menawarkan hadiah total US$ 1 juta, tahun ini pun mereka kembali menggelontorkan dana dengan jumlah yang sama. Namun, tahun ini Axiata Cup hadir dengan format yang berbeda, jika tahun lalu mereka hanya memainkan tim putra, kali ini mereka menggunakan format Piala Sudirman namun tanpa partai ganda putri. Axiata Cup kali ini pun menghapuskan sistem kandang dan tandang, kali ini babak penyisihan dilangsungkan dengan sistem round robbin.

Kejuaraan ini akan melakukan dua kali penyisihan yakni Kamis (21/3) hingga Minggu (24/3) mendatang akan digelar di DBL Arena Surabaya, sementara penyisihan yang kedua akan digelar di Kuala Lumpur pada Jum'at (29/3) dan Sabtu (30/3) mendatang. Sementara babak final dan semifinal akan digelar bulan April di Malaysia.

Mereka pun kini mengundang lebih banyak atlet papan atas dunia, termasuk seluruh atlet papan atas merah putih. Di mana di dalamnya terdapat enam orang atlet binaan PB Djarum. Mereka adalah juara All England 2013 Tontowi Ahmad, kemudian Dionysius Hayom Rumbaka, Mohammad Ahsan, Muhammad Rijal, Debby Susanto dan Muhammad Ulinnuha. Keenam atlet besutan PB Djarum ini akan bergabung bersama dengan pemain top papan atas tanah air untuk memperkuat Indonesia.

Kejuaraan ini pun diklaim akan menjadi salah satu kejuaraan yang diharapkan dapat menarik animo pecinta bulutangkis. Mereka pun kini mendatangkan pemain dari lebih banyak negara di antaranya adalah Filipina, Thailand, Singapura, Vietnam, Asia dan Eropa. Nama besar yang sudah gantung raket seperti Bao Chunlai dan Zheng Bo akan turun untuk memperkuat tim Asia, sementara pemain veteran Inggris Nathan Robertson bersama dengan Tine Baun akan menggawangi tim Eropa.

Thailand sendiri menginagurasikan dua generasi. Mereka akan mengandalkan Boonsak Ponsana dan Tanongsak Saensomboonsuk dalam satu tim. Sementara Vietnam akan mengandalkan Nguyen Tien Minh dan Malaysia tentu akan menyodorkan nama seperti Koo Kean Keat dan Tan Boon Heong. (IR)