Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [India Open Grand Prix Gold 2012] Tiga Wakil Indonesia Di Babak Final
23 Desember 2012
[India Open Grand Prix Gold 2012] Tiga Wakil Indonesia Di Babak Final
 
 

Indonesia memiliki peluang untuk merebut tiga gelar juara pada kejuaraan India Open Grand Prix Gold 2012. Tiga nomor yang berpeluang merebut gelar juara datang dari ganda campuran, tunggal dan ganda putri. Ketiga nomor ini lah yang mampu menang pada babak semifinal yang telah dimainkan kemarin (22/12).

Komala Dewi/Jenna Gozali bermain cemerlang pada saat babak semifinal ganda putri. Jalan menuju babak akhir di raihnya dengan mengalahkan pemimpin unggulan ganda putri Shinta Mulia Sari/Yao Lei dari Singapura. Kekalahan yang sempat dialami oleh ganda putri besutan PB Djarum dari juara Li Ning Singapore Open Super Series 2010 ini, rupanya telah di pelajari dengan baik. Ganda Indonesia di tengah karpet hijau mampu mengendalikan jalannya pertandingan, kendati pada game pertama  kalah dengan 18-21. Semangat pantang menyerah di perlihatkan pasangan Indonesia. Di dua game yang tersisa, Komala/Jenna menang dengan angka telak 21-10, 21-10. Dengan hasil ini, maka rekor pertemuan keduanya  berubah imbang 1-1.

Ganda Campuran juga berhasil meloloskan satu pasangannya ke babak final. Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati belum terhadang dan tinggal selangkah lagi untuk merengkuh gelar juara. Kang Ji Wook/Shin Seung Chin dari Korea Selatan mampu di redam permainannya oleh ganda Indonesia. Hanya dalam dua game Fran/Shendy menang dengan 21-14, 21-17.

Lindaweni Fanetri kembali mampu menembus babak final untuk kedua kalinya di tahun ini. Setelah pada kejuaraan Yonex Chinese Taipei Open 2012 lalu ia menjadi runner up, kini kesempatan bagi tunggal putri Indonesia berperingkat 33 dunia ini untuk bisa meraih gelar juara. Di babak semifinal kemarin, Lindaweni kembali menang untuk kedua kalinya dari tunggal Jepang Nozomi Okuhara. Kali ini ia menang dua game dengan kedudukan akhir 22-20, 21-16. Head to head keduanya pun berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Lindaweni.

Babak final kejuaraan berhadiah total US$ 120.000,- akan di langsungkan hari ini (23/12) dan akan di mulai dengan pertandingan  ganda campuran. Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati bertemu andalan Thailand Nitiphon Puangpuapech/Savitree Amitrapai. Belum terdapat data yang menunjukkan pertemuan antara kedua pasangan ini. Hanya saja pasangan Indonesia tetap harus mewaspadai ganda baru dari Thailand ini. Di babak semifinal, pasangan Thailand mampu menghentikan unggulan ketiga dari Singapura Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Neo dalam dua game.

Partai ganda putri akan menyajikan tontonan yang menarik. Dua ganda dengan peringkat yang nyaris tanpa beda akan bertemu di babak final. Komala Dewi/Jenna Gozali yang menjadi wakil Indonesia di babak final ganda putri akan mencoba merebut gelar juara dari lawannya Savitree Amitrapai/SapsireeTaerattanachai asal Thailand. Tipisnya perbedaan peringkat keduanya membuat sulit untuk memprediksi hasil pertandingan akhir. Ganda Indonesia secara peringkat saat ini berada di bawah ganda Thailand. Komala/Jenna menempati peringkat 39 dunia berbanding lawan yang berada pada urutan 34 dunia.

Lindaweni Fanetri di pertandingan akhir akan menghadap wakil tuan rumah Shindu PV. Lindaweni sempat sekali kalah di pertemuan pertama keduanya pada babak kualifikasi kejuaraan All England 2012 lalu. Kini saatnya bagi Lindaweni untuk mencicipi manisnya sebagai juara sekaligus membalas atas kekalahannya. (AR)