Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Sudirman 2017] Indonesia Bidik Semifinal
07 Mei 2017
[Piala Sudirman 2017] Indonesia Bidik Semifinal
 
 

Piala Sudirman yang menjadi salah satu milestone PBSI akan segera digelar akhir bulan ini di Gold Coast, Australia. Tim Indonesia yang terdiri dari 10 atlet putra dan 10 atlet putri ini pun sudah bersiap dan diresmikan pada Sabtu (6/5) kemarin.

Turnamen beregu yang mempertandingkan lima nomor ini, pertama digelar tahun 1989 silam. Turnamen ini pun menjadi salah satu turnamen yang menjadi sasaran utama PBSI di tahun ini. Untuk menghadapinya pun, Indonesia akan menurunkan jajaran pemain terbaik yang dimiliki termasuk ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Susy Susanti yang merupakan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI sekaligus Manajer Tim Piala Sudirman kali ini, menuturkan bahwa persiapan tim sudah maksimal. “Sektor andalan Indonesia untuk meraih poin memang di ganda putra dan ganda campuran, nomor tunggal putra peluangnya 50-50,” kata Susy seperti dilansir oleh badmintonindonesia.org.

Baca juga: Rekam Jejak Tim Indonesia di Piala Sudirman

Indonesia berada satu grup bersama Denmark dan India di Grup 1D. Tim merah putih akan melakoni laga perdana dengan menghadapi India pada 23 Mei mendatang, dan akan menantangn Denmark satu hari setelahnya.   

“Kalau melihat dari kedudukan seeded tim yang ada di urutan 5-8 serta penampilan anak-anak di beberapa turnamen terakhir, saya rasa target realistisnya adalah semifinal. Walaupun target pertama adalah babak semifinal, namun kami tetap berharap bisa meraih hasil yang lebih baik lagi,” lanjut Susy.

“Sisa waktu ini diharapkan bisa dimaksimalkan, baik secara kondisi atlet, kesiapan teknik, fisik dan sebagainya,” tambah Susy.

Dua tahun lalu di Piala Sudirman 2015, tim Indonesia terhenti di babak semifinal setelah ditundukkan Tiongkok, dengan skor 1-3. Acara pelepasan tim Piala Sudirman 2017 bertepatan dengan perayaan HUT PBSI ke-66 yang jatuh pada 5 Mei kemarin.

Baca juga: PBSI Rilis Daftar Pemain Inti Piala Sudirman 2017