Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [BWF World Junior Championships 2017] Perancis Beri Perlawanan Sengit
12 Oktober 2017
[BWF World Junior Championships 2017] Perancis Beri Perlawanan Sengit

Arnauld Merkle, Perancis

Perancis menjadi satu-satunya negara non-Asia yang berlaga di babak perempat final Blibli.com Yonex-Sunrise BWF World Junior Championships (WJC) 2017. Meski akhirnya gagal melaju ke semifinal, namun Perancis memberikan perlawanan sengit kepada Korea pada laga perempat final, Kamis (12/10) pagi.

Tim yang dimotori oleh Arnauld Merkle ini sebenarnya berhasil unggul 2-0 setelah menang di dua partai awal. Sayang, mereka gagal memanfaatkan kesempatan dan akhirnya justru kehilangan tiket semifinal dengan 2-3.

“Pencapaian ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami. Kami bisa memberikan perlawanan yang begitu sengit kepada Korea, dan kami juga memiliki kesempatan untuk bisa mencuri kemenangan. Tetapi sayang, memang di tiga partai terakhir tim kami justru tertekan. Tetapi sejauh ini atlet-atlet kami sudah mengeluarkan permainan terbaik mereka,” ujar Christope Jeanjean, pelatih tim Perancis.

Langkah Perancis ke perempat final sudah jadi sejarah tersendiri bagi mereka. Dengan capaian atlet-atlet muda di beregu WJC kali ini, Christope berharap bahwa anak didiknya akan menjadi salah satu kompetitor di bulutangkis dunia papan di kemudian hari.

Baca juga: [BWF World Junior Championships 2017] Gagal ke Semifinal, Ini Evaluasi Susy

“Tentu kami berharap mereka terus bisa mengembangkan diri dan bisa bersaing di papan atas dunia kelak,” tambahnya.

Perancis masih akan mengikuti perburuan posisi 5 hingga 8. Di pertandingan malam nanti pukul 19.00 WIB, mereka akan berjumpa dengan India yang kalah telak 0-3 dari Malaysia. “Di sisa pertandingan ini, kami tetap ingin mengeluarkan kemampuan terbaik kami dan bersaing dengan negara-negara Asia,” lanjutnya.

Sementara itu, di nomor perorangan, Christope menurutkan bahwa tunggal putra andalan mereka, Arnauld, memiliki peluang untuk jadi peraih medali. Ia pun berharap ganda putra dan ganda campuran bisa berbicara banyak di perburuan Piala Eye Level pekan depan.

“Saya berharap di nomor tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran bisa membawa pulang medali,” pungkasnya.

Berikut hasil pertandingan lengkap Perancis vs Korea

  • Ganda campuran: Vimala Heriau/Thom Gicquel vs Min Jeong/Dong Ju Ki 21-11, 21-8
  • Tunggal putra: Arnauld Merkle vs Seong Jae Kim 21-10, 21-3
  • Leonice Huet vs Se Young An 15-21, 15-21
  • Thom Gicquel/Leo Rossi vs Dong Ju Ki/Seong Jae Kim 15-21, 21-19, 19-21
  • Vimala Heriau/Leonice Huet vs Se Young An/Min Jeong 16-21, 21-16, 15-21 (RI)

Baca juga: [BWF World Junior Championships 2017] Jauza/Ribka Gagal Revans