Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Team Championships 2018] Kalahkan Tiongkok 3-2, Indonesia Juara Grup Z
08 Februari 2018
[Badminton Asia Team Championships 2018] Kalahkan Tiongkok 3-2, Indonesia Juara Grup Z
 
 

Tim putri Indonesia keluar sebagai juara grup Z Badminton Asia Team Championships 2018. Srikandi-srikandi tanah air berhasil mengantongi kemenangan di laga terakhir penyisihan grup yang digelar Kamis (8/2) pagi. Berhadapan dengan Tiongkok, Indonesia berhasil menang tipis 3-2.

Setelah Fitriani sukses mencuri kemenangan atas Chen Yufei di partai pertama, Indonesia berhasil memastikan kemenangan setelah sukses merebut poin di dua partai ganda putri. Juara India Open 2018, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses memetik kemenangan atas Du Yue/Li Yinhui dengan 21-18 dan 21-12.

Sementara itu di partai ketiga, Gregoria Mariska Tunjung masih belum bisa mengatasi He Bingjiao. Juara Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2017 dipaksa mengakui keunggulan He yang kini duduk di peringkat sembilan dunia itu dengan 21-23 dan 10-21.

Saya sudah menjaga permainan lawan di game pertama yang banyak menurunkan bola. Namun di game kedua dia lebih banyak main reli, saya kurang ada inisiatif untuk mengambil kesempatan menyerang saat reli. He adalah pemain kidal, jadi pukulannya bagus, tidak bisa ditebak, power nya pun kuat,” kata Gregoria.

Baca juga: [Badminton Asia Team Championships 2018] Fitriani Rebut Poin Pertama

Kemenangan Indonesia akhirnya berhasil dipastikan oleh Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris. Berhadapan dengan Cao Tong Wei/Yu Zheng, Rizki/Della harus menguras tenaga sebelum bisa mengantongi kemenangan dengan skor akhir 21-14, 19-21 dan 23-21.

Kami sih tidak dibebankan, tetapi kami kan pasti mau menang, mau berusaha menyumbang angka untuk tim, apalagi Indonesia sudah unggul 2-1. Kami terlalu ingin menang, setelah menang di game pertama, kami justru terlalu hati-hati mainnya,” kata Della usai pertandingan.

Waktu di akhir-akhir game, kami tidak mau memikirkan poin, yang penting bagaimana caranya shuttlecock masuk dulu ke area lawan. Semakin kami nafsu ingin mematikan lawan, mereka malah akan semakin bagus,” ujar Della.

Lawan bermain nothing to lose, dan kami agak tertekan karena kalah di game kedua. Sebetulnya mereka hanya menunggu kami membuat kesalahan sendiri. Kami bersyukur tim putri bisa menang dari Tiongkok, sebetulnya yang tidak disangka itu Fitriani bisa menang di partai pertama, dia tampil luar biasa,” kata Rizki.

Di partai kelima, partai Ruselli Hartawan juga belum bisa mengalahkan Chen Xiaoxin. Ruselli kalah dua game langsung 17-21 dan 17-21. Sementara itu laga penyisihan terakhir tim putra Indonesia akan digelar mulai pukul 19.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB. Indonesia akan menantang India untuk memperebutkan juara Grup D. Jadwal dan hasil pertandingan selengkapnya bisa diakses di sini. (ds)

Baca juga: [Badminton Asia Team Championships 2018] Ganda Putra Bidik Dua Angka