Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tunggal Harapan Terakhir Putri
20 Agustus 2011
Tunggal Harapan Terakhir Putri
 
 

Dua wakil tunggal putri Indonesia di pesta olahraga mahasiswa Universiade yang berlangsung di Shenzhen, China, menjadi harapan terakhir Indonesia untuk meraih medali di kelas perorangan putri setelah satu-satunya wakil di ganda putri, Jenna Gozali/Komala Dewi gugur di tangan Midori Sakurai/Yumiko Nishiyama dari Jepang kemarin (19/8).

Harapan tersebut tertumpu pada bahu Bellaetrix Manuputty dan Hera Desi Ana Rachmawati yang mendapat bye di babak pertama sehingga mereka langsung meluncur ke babak 16 besar. Hera akan bertemu dengan Laura Vana dari Estonia, sedangkan Bella akan bersua Marie Maunoury dari Perancis.

Kedua putri Indonesia tersebut seharusnya mampu mengatasi lawannya tersebut karena Bella maupun Hera sama-sama memiliki pengalaman yang cukup mumpuni dibandingkan dengan lawannya.

Bella saat ini adalah pemain peringkat enam nasional dengan prestasi sebagai runner up Sirnas Jakarta 2011 dan pernah merajut pengalaman internasional di Vietnam Grand Prix dan India Grand Prix 2010, dimana di keduanya ia melaju sampai ke perempat final. Lawannya, Marie, hanya memiliki pengalaman di turnamen Eropa sekelas Challenge dan belum pernah sekalipun membobol masuk ke perempat final.

Hera sendiri saat ini berada di peringkat 11 nasional dan adalah runner up Sirnas Bandung 2011. Ia juga pernah merasakan pertandingan internasional di Vietnam Grand Prix 2010, India Grand Prix 2010, Malaysia Grand Prix Gold 2011, dan Hanoi Challenge2011 dimana ia pulang sebagai semifinalis. Berbagai pengalaman ini tentunya berada di atas Laura yang baru berkecimpung di turnamen sekelas Challenge di benua Eropa.

Lawan di perempat finallah yang harus lebih diwaspadai. Hera kemungkinan akan bertemu Julia Wong Pei Xian yang merupakan salah satu tombak utama tunggal putri Malaysia, sedangkan Bella kemungkinan akan bersua Sarah Milne (Inggris) yang pernah lolos ke perempat final Welsh International 2010 dan beberapa kali mengalahkan pemudi-pemudi Denmark seperti Line Kjaersfeldt dan Camilla Sorensen, dan cukup berpengalaman melawan atlet-atlet berbagai negara.
Petarung utama di tunggal putri di antaranya adalah Cheng Shao Chieh dan Pai Hsiao Ma (Taipei), Julia Wong Pei Xian (Malaysia), dan tentunya perwakilan tuan rumah, Shi Xiao Qian, Liu Fang Hua, dan Lin Qing.

Ganda Putri Gugur

Satu-satunya pasangan putri Indonesia, Jenna Gozali/Komala Dewi akhirnya terhenti langsung di babak pertamanya setelah kalah melalui pertarungan ketat tiga game, 21-10, 13-21, 15-21, melawan Midori Sakurai/Yumiko Nishiyama (Jepang) yang akhirnya juga tersungkur di tangan Chen Yulu/Chen Ni (China) di perdelapan final. Kemenangan Chen/Chen tersebut sekaligus membalaskan kekalahan mereka dari Midori/Yumiko di babak beregu.

Petarung di ganda putri saat ini tersisa di tangan Taipei (tiga wakil), Thailand (dua wakil), serta masing-masing satu wakil dari China, Korea Selatan, dan Jepang. (DC)