Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Thomas dan Uber 2018] Imbang 1 – 1 Antara Indonesia dengan Thailand
22 Mei 2018
[Piala Thomas dan Uber 2018] Imbang 1 – 1 Antara Indonesia dengan Thailand
 
 

Posisi pertandingan putaran grup B antara Indonesia melawan Thailand untuk sementara imbang 1-1. Di luar dugaan ganda utama Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menyerah di tangan ganda Thailand, Kittisak Namdash/Nipitphon Phuangphuapet, ganda racikan baru. Nipitphon Phuangphuapet biasa berpasangan dengan Bodin Isara. Sementara Kittisak Namdash merupakan pasangan tetap dari Tinn Isriyanet. Perubahan pasangan dari Thailand rupanya membuahkan hasil bagi Thailand. Kevin/Marcus yang tampil di bawah performa terbaiknya menyerah rubber game 16-21, 21-13, 12-21.

Penampilan ganda Indonesia di game pertama begitu menghawatirkan. Sejak game pertama dimulai, Kevin/Marcus tampil tertekan dan tertinggal dalam perolehan angka. Ditambah lagi tiga kali service Marcus dinyatakan salah oleh service judge membuat penampilan ganda nomor satu dunia terganggu. Game pertama akhirnya menjadi 16-21.

Di awal game kedua keadaan tidak terlalu jauh berbeda. Hanya saja kali ini ganda Indonesia bermain sabar. Kesabaran yang dilakukan ganda Indonesia membuahkan hasil. Kevin/Marcus ganti mengambil game kedua menjadi 21-13.

Di awal game ketiga, ganda Thailand kembali bangkit dan menyerang ganda Indonesia. Mereka seperti siap dengan segala pukulan yang dilancarkan oleh Kevin maupun Marcus. Keadaan semakin genting saat ganda Indonesia tertinggal di paruh game penentuan dengan 6-11. Setelah pergantian tempat, tanda-tanda bangkitnya ganda Indonesia tidak nampak. Malah Kevin/Marcus seperti kehilangan akal, hingga akhirnya menyerah kalah dengan 12-21.

“Soal permainan, bisa dibilang nggak ada permainan. Karena saya mendapatkan banyak fault saat servis, jadi untuk bola sambungnya saya tidak bisa mengembangkan lagi,” ujar Marcus kepada badmintonindonesia.org.

Dengan kegagalan Kevin/Marcus membuat posisi untuk sementara imbang 1-1. Kesempatan menang masih ada pada partai ketiga yang memainkan nomor tunggal putra. Indonesia menurunkan Ihsan Maulana Mustofa yang akan bertemu dengan Kantaphon Wangcharoen. (AR)