Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Walikota Surabaya International Series 2017] Taklukan Unggulan, Hayom Tembus Final
13 Mei 2017
[Walikota Surabaya International Series 2017] Taklukan Unggulan, Hayom Tembus Final
 
 

Bertanding tanpa bekal unggulan, tunggal putra asal PB Djarum Dyonisius Hayom Rumbaka sukses menembus babak final pada kejuaraan bulutangkis Walikota Surabaya International Series 2017. Hayom unggul dari sesama pemain Indonesia lainnya Enzi Shafira pada babak semifinal yang di langsungkan Sabtu (13/5) malam di GOR Sudirman, Surabaya. Perjalanan pemain yang sempat di rundung cidera ini harus dilalui dengan susah payah.

Hayom butuh tiga game untuk bisa mengalahkan lawan yang merupakan unggulan ke tujuh. Hayom yang kini berada pada peringkat 459 dunia harus kehilangan game pembuka. Enzi yang memiliki peringkat jauh di atas Hayom bisa menguasai jalannya pertandingan dan menang di game pertama dengan 21-10.

Rupanya Hayom butuh adaptasi cukup panjang untuk bisa membaca permainan lawan. Terbukti di game kedua, Hayom bangkit dan membalas kekalahan dengan 21-17. Pertandingan berjalan imbang terjadi pada game ketiga. Kedua pemain ini tampak berusaha saling menjauhi perolehan angka. Tetapi yang terjadi malah perolehan angka  kedua pemain begitu rapat sampai harus terjadi adu setting. Usai angka 21-21, Hayom bisa membidik dua angka untuk menang dengan 23-21.

Hayom akan berjumpa dengan Shesar Hiren Rustavito di partai puncak. Hal ini terjadi setelah Shesar mampu mengalahkan wakil Tiongkok, Ren Pengbo dengan dua game langsung 21-13 dan 21-12.

Baca juga: [Walikota Surabaya International Series 2017] Shesar Pastikan Gelar Tunggal Putra Milik Indonesia

Indonesia juga memastikan diri memiliki wakil di tunggal putri pada babak final yang dilangsungkan Minggu (14/5) siang, melalui Gregoria Mariska. Unggulan ketiga ini melangkah ke babak final dengan mengalahkan pemain Taiwan, Chieh Yu di babak empat besar dengan 21-14, 21-4.

Gregoria sebenarnya hanya di patok masuk semifinal oleh pelatih tunggal putri Jefer Rosobin. “Sebenarnya target Gregoria hanya sampai semifinal, tapi sekarang sudah final dan mudah-mudahan besok bisa juara,”ujarnya kepada badmintonindonesia.org.

Lawan Gregoria di babak final datang dari tunggal Malaysia, Selvaduray Kisona yang mengalahkan  Natsuki Nidaira asal Jepang dengan 15-21, 21-19, 21-14. (AR)

Baca juga: [Walikota Surabaya International Series 2017] Kenas/Reza Jumpa Wahyu/Ade di Final