Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [India Open Grand Prix Gold 2012] Fran/Shendy Jadi Tumpuan
19 Desember 2012
[India Open Grand Prix Gold 2012] Fran/Shendy Jadi Tumpuan
 
 

Fran Kurniawan Teng/Shendy Puspa Irawati akan menjadi pasangan ganda campuran yang di andalkan oleh Indonesia untuk bisa merebut gelar juara pada kejuaraan India Grand Prix Gold 2012 yang akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 23 Desember 2012. Fran Kurniawan Teng/Shendy Puspa Irawati menjadi pasangan berperingkat tertinggi yang hadir dikejuaraan berhadiah total US$ 120.000,-. Sedianya Muhammad Rijal/Debby Susanto menjadi pasangan yang di unggulkan di posisi pertama. Namun pasangan yang kini berada pada peringkat 7 dunia batal hadir pada kejuaraan yang di langsungkan di kota Lucknow, India. Pasangan Ricky Widianto/Richi Dili Puspita juga urung tampil  dikejuaraan ini. Padahal Ricky/Richi berada pasa posisi unggulan keempat.

Fran Kurniawan Teng/Shendy Puspa Irawati hadir tidak sendiri. Ia datang bersama Irfan Fadhilah/Weni Anggraeni yang baru saja menjadi juara pada kejuaraan Tata Open India International Challenge 2012. Kedua pasang ganda campuran Indonesia ini tidak berada pada lajur yang sama. Sebagai unggulan kedua Fran/Shendy berada pada paruh undian bawah. Sementara Irfan/Weni menempati papan undian atas.

Sebagai unggulan kedua,pasangan Fran Kurniawan Teng/Shendy Puspa Irawati meluncur mulus ke babak kedua setelah mendapat bye di babak pertama.  Calon lawan di babak kedua masih menunggu pemenang antara pasangan India Pranaav Jerry Chopra/N Siki Reddy atau pasangan Prancis Ronan Labar/Laura Choinet. Secara peringkat, kedua calon lawan Fran/Shendy masih berada di bawah ganda Indonesia. Seandainya peringkat yang di jadikan patokan maka ganda Indonesia akan terus maju ke babak perempati final. Sedianya calon kuat menjadi lawan Fran/Shendy adalah Ricky Widianto/Richi Puspita Dili. Tetapi karena mundur, maka calon lawan yang akan menjadi batu sandungan akan datang dari ganda Singapura Zhao Jiang Terry Yeo/Dellis Yuliana, Kang Ji Wook/Shin Seung Chan dari Korea Selatan atau Tarun Kona/Ashwini Ponnapa dari India.

Saingan terkuat Irfan/Weni akan datang di paruh undian atas akan datang dari unggulan ketiga Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Neo asal Singapura. Kemungkinan besar kedua pasangan ini akan bertemu pada babak perempat final. Hanya saja, pasangan Indonesia harus bisa mengalahkan lawan-lawannya terlebih dahulu di babak awal. Lawan pertama mereka akan datang dari pasangan tuan rumah Harinder Malik/Komal Antil. Dari catatan yang ada pada badan bulutangkis dunia, keduanya belum pernah bertemu satu dengan yang lain. Tetapi peluang pasangan Indonesia tetap terbuka lebar untuk memenangkan pertandingan. Mengacu pada peringkat yang di miliki kedua pasangan ini, semestinya pasangan Indonesia bisa mengalahkan wakil dari tuan rumah. Irfan/Weni saat ini menempati peringkat 24 dunia sementara lawan belum memiliki peringkat dunia.

Jika menang maka lawan berikutnya di babak kedua antara pasangan dari Malaysia Tan Aik Guan/Lai Pei Jing atau Anatoliy Yartsev/Irina Hlebko dari Rusia. Peluang untuk terus melaju ke babak berikutnya masih terbuka. Dengan pasangan dari Malaysia, ganda Indonesia memiliki catatan yang baik. Pada pertemuan pertama di kejuaraan Yonex Malaysia Open Grand Prix Gold 2012 lalu, Irfan/Weni menang. Sementara dengan pasangan dari Rusia, ganda Indonesia belum pernah bertemu. (AR)

Sumber foto (2): pb-pbsi.org