Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Indonesia Pastikan Gelar Ganda Putra
11 Juli 2010
Indonesia Pastikan Gelar Ganda Putra
 
 

Indonesia memastikan diri meraih satu gelar pada kejuaraan Yonex Sunrise Malaysia Open Grand Prix 2010. Kepastian ini dibuat saat dua ganda putra Indonesia yang bertanding pada babak semifinal menang atas lawan-lawannya. Brand Ambassador produk Fly Power sekaligus unggulan kedua Markis Kido/Hendra Setiawan menang mudah atas pasangan Hongkong Yohan Hadikusumo Wiratama/Wong Wai Hong dengan 21-6, 21-16. Sementara Hendra Aprida Gunawan/Alvent Yulianto unggul atas pasangan tuan rumah Mak Hee Chun/Tan Wee Kiong dengan 21-13, 21-11.

Di ganda Campuran, Indonesia menempatkan satu pasang di partai puncak. Davin Lahardi Fitriawan/Lilyana Natsir membuat turnamen ini menjadi Final pertama bagi mereka. Di babak semifinal pasangan Malaysia Ong Jian Guo/Chong Sook Chin dikalahkannya dua set langsung dengan 21-13, 21-16. Di babak final yang dilangsungkan pada hari minggu (11/7), Davin/Lilyana akan menghadapi pasangan Thailand yang menempati unggulan ke empat Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkarm. Pasangan Thailand inilah yang memupuskan terjadinya final sesama pemain Indonesia di ganda campuran. Markis Kido/Lita Nurlita kalah di tangan mereka di babak semifinal.
Taufik Hidayat
Taufik Hidayat di tunggal putra harus mengubur impianya untuk meraih gelar pertamanya di tahun ini. Pemain gaek Malaysia Wong Choon Hann mengalahkannya pada babak semifinal dengan 15-21, 22-24. Wong Choon Hann di partai puncak akan berhadapan dengan unggulan utama Lee Chong Wei sekaligus mengantar Malaysia memastikan merebut satu gelar juara melalui nomor tunggal putra.

Pasangan ganda putri Vita Marissa/Nadya Melati tak dapat membuat kejutan lanjutan. Finalis India Open Grand Prix 2009 ini terhadang langkahnya di babak semifinal oleh pasangan Thailand, Aroonkesorn Duanganong/Varavichitchaikul Kuncala yang menempati unggulan ke empat. Meski berhasil merebut set pertama dengan 21-13, Vita/Nadya menyerah di dua set berikutnya dengan 17-21, 17-21.

Di tunggal putri, pemain-pemain Hongkong menguasai partai final. Dua pemain tunggal putri Hongkong akan saling bertemu untuk memperebutkan gelar juara. Yip Pui Yin akan menghadapi Zhou Mi pada partai puncak. (AR)