Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > Riky/Richi Rebut Gelar di Jepang
09 April 2012
Riky/Richi Rebut Gelar di Jepang

Riky Widianto/Richi Dili Puspita persembahkan satu-satunya gelar juara untuk Indonesia pada final turnamen Osaka International Challenge 2012, Minggu (8/4). Kemenangan ini berhasil menggagalkan barisan juara Osaka yang akan disapu bersih oleh tuan rumah Jepang. Pada partai final kali ini, Riky Widianto/Richi Dili Puspita berhasil menumbangkan lawannya, Takeshi Kamura/Yonemoto Koharu di Moriguchi City Stadium, Osaka, dengan skor akhir 21-15 dan 21-19.


Set pertama dilalui dengan cukup mudah oleh Riky Widianto/Richi Dili Puspita. Namun pada set kedua kejar mengejar angka terjadi dengan pasangan Jepang tersebut, sehingga kemenangan pun diraih dengan skor tipis.


Kami senang sekali bisa juara di Osaka, karena ini adalah gelar pertama kami di tahun ini. Selain itu saya dan Riky juga baru dipasangkan sekitar empat bulan,” kata Richi mengenai kemenangannya bersama Riky.


Sebelumnya di babak semi final, Takeshi Kamura/Yonemoto Koharu mengalahkan unggulan pertama ganda campuran asal Indonesia, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini.


Ganda Putra Sumbang Runner Up


Di nomor ganda putra Indonesia akhirnya hanya mampu menyumbangkan runner up melalui Markus Gideon/Agripinna Prima. Meghadapi pasangan tuan rumah yang tidak di unggulkan, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, finalis Ciputra Hanoi Vietnam International Challenge 2012 ini menyerah dalam pertarungan panjang dan melelahkan. Selama lima puluh lima menit, unggulan kedua ini dipaksa menyerah dengan rubber game.


Di game pertama,  pasangan Indonesia menyerah tipis dengan 17-21. Di game kedua ganti ganda Indonesia yang menang dengan 23-21. Pada game penentuan pasangan Indonesia belum bisa menaklukkan pasangan dari Jepang dan menyerah dengan 18-21.


Markus Gideon/Agripinna Prima, dalam waktu hanya dua minggu mereka bisa dua kali menembus partai final, tetapi akhirnya mereka kalah pada partai puncak. Pekan lalu mereka juga bisa menembus babak final pada kejuaraan Ciputra Hanoi Vietnam International Challenge 2012 tetapi harus menyerah di babak final di tangan pasangan Indonesia lainnya.


Di ganda putri, gelar juara menjadi milik tuan rumah setelah terjadi final sesama pemain Jepang. Eto Rie/Yu Wakita yang menjadi unggulan kelima ini menang dari unggulan ke enam Naoko Fukuman/Kurumi Yanoa dengan 21-18, 21-12.  Jepang juga menguasai gelar juara di dua nomor tunggal. Sayaka Takahashi sukses menjuarai tunggal putri, sementara rekannya Kazumasa Sakai menjuarai nomor tunggal putra. (NM/AR)