Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Thailand Masters 2017] Tommy Sukses Raih Gelar
12 Februari 2017
[Thailand Masters 2017] Tommy Sukses Raih Gelar
 
 

Tunggal putra Indonesia berhasil meraih gelar juara di Thailand Masters 2017 dari tangan Tommy Sugiarto. Tommy naik podium juara setelah mengalahkan pemain tuan rumah Kanthapon Wangcharoen dalam dua game langsung. Di laga yang digelar di Nimibutur Stadium, Bangkok, Minggu (12/2) petang, Tommy tampil dominan. Gelar ini pun menjadi gelar pertamanya di tahun 2017.

Di laga tadi yang disaksikan oleh pendukung tuan rumah, Tommy bermain dengan penampilan terbaiknya. Bahkan tunggal putra muda negeri gajah putih itu tidak mampu berbuat banyak. Di game pertama Tommy menang dengan skor 21-17 dan game dua menang dengan skor meyakinkan 21-11.

“Di awal game pertama saya adaptasi dulu karena ini adalah pertemuan pertama dengan lawan. Penampilan lawan cukup bagus di awal permainan dan ini meyulitkan saya, tetapi saya berusaha tetap tenang, di final siapapun punya peluang untuk juara,” kata Tommy dilansir badmintonindonesia.org.

“Di game kedua saya merasa dia tidak percaya diri lagi seperti di game pertama, makanya angkanya jauh sekali. Kontrol bola saya juga lebih baik hari ini. Permainan lawan lebih menyerang, waktu serangannya tidak tembus-tembus, dia banyak unforced errors. Di sini saya dibantu faktor menang pengalaman. Meskipun dia tuan rumah, tetapi waktu ketinggalan dia merasa tidak nyaman juga, ini menguntungkan buat saya,” lanjutnya.

Meskipun demikian, Tommy mengatkan bahwa Thailand kini harus diwaspadai, mengingat banyak pemain-pemain muda berpotensi yang mulai unjuk gigi. Kantaphon merupakan pemain yang masih berusia 18 tahun dan mulai masuk ke turnamen kelas senior.

“Sekarang tunggal putra Thailand harus diwaspadai. Kanthapon pemain muda baru lulus dari kelas junior langsung bisa ke final turnamen grand prix gold,” ucap Tommy.

Kejuaraan All England 2017 menjadi turnamen selanjutnya yang bakal diikuti Tommy. Namun nama Tommy juga masuk dalam daftar pemain di ajang Djarum Superliga Badminton 2017 yang akan dilangsungkan dua pekan mendatang di Surabaya.

“Target saya sih mau main senyaman mungkin dan meningkatkan rangking, supaya bisa masuk Top 10 lagi,” pungkas Tommy.

Di empat nomor lainnya, Tiongkok tetap tampil dominan. Skuad tirai bambu berhasil memboyong tiga gelar melalui Chen Qincheng/Jia Yifan, Huang Kaixiang/Wang Yilyu serta Zhang Nan/Li Yunhui. Sementara itu, tuan rumah yang meloloskan tiga wakilnya ke partai puncak, harus puas dengan satu gelar yang dipersembahkan oleh Busanan Ongbumrungpan. (DS/RI)

Berikut hasil lengkap Thailand Masters 2017

  • Ganda Putri: Cheng Qingchen/Jian Yifan (Tiongkok) vs Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) 21-16, 21-15
  • Tunggal Putri: Busanan Ongbumrungpan (Thailand) vs Aya Ohori (Jepang) 21-18, 21-16
  • Ganda Putra: Huang Kaixiang/Wang Yilyu (Tiongkok) vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (Taiwan) 21-19, 21-23, 21-16
  • Ganda Campuran: Zhang Nan/Li Yinhui (Tiongkok) vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) 21-11, 20-22, 21-13
  • Tunggal Putra: Tommy Sugiarto (Indonesia) vs Kantaphon Wangcharoen (Thailand) 21-17, 21-11.