Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Tour Finals 2018] Kevin/Marcus satu Grup Dengan Han/Zhou
10 Desember 2018
[BWF World Tour Finals 2018] Kevin/Marcus satu Grup Dengan Han/Zhou
 
 

Perhelatan kejuaraan pamungkas BWF World Tour Finals 2018 yang dilangsungkan di Guangzhou, Tiongkok sebentar lagi akan segera dimulai. Tanggal 12 Desember 2018 menjadi hari pertama kejuaraan yang menawarkan hadiah total US$ 1.500.000,-.  Indonesia memiliki dua wakil di nomor ganda putra. Adalah pasangan nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang akan membawa bendera merah putih bersama dengan pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Hasil undian tidak menempatkan mereka dalam satu grup. Kevin/Marcus ada di grup A, sementara Ahsan/Hendra di Grup B.

Kevin/Marcus di grup A bersama duo Tiongkok, Han Chengkai/Zhou Haodong, Li Junhui/Liu Yuchen dan pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Jika melihat pemain dunia yang ada di Grup A, tantangan terberat akan ada dari pasangan muda Tiongkok, Han Chengkai/Zhou Haodong. Tiga kali sudah ganda nomor satu Indonesia bertemu dengan Han/Zhou. Hasilnya, Kevin/Marcus baru sekali memetik kemenangan. Di dua pertemuan terakhir pada kejuaraan China Open 2018 dan French Open 2018, Kevin/Marcus kalah dalam pertandingan sengit.

Dengan pasangan Tiongkok Li/Liu, catatan kemenangan Kevin/Marcus nyaris sempurna. Kekalahan di pertemuan pertama pada kejuaraan Vietnam Open 2015 ditebus dengan kemenangan delapan kali berturut-turut. Terakhir Kevin/Marcus menang di kejuaraan Japan Open 2018 dengan kemenangan cukup telak 21-11, 21-13.

Kevin/Marcus harus waspada dengan ganda Demark Kim/Anders. Data statistik memang masih berpihak pada ganda Indonesia. Dari enam kali pertemuan, Kevin/Marcus masih unggul dengan lima kali kemenangan berbanding satu kali kekalahan. Hanya saja pertemuan ganda Indonesia dengan lawannya yang sudah ada di peringkat tujuh dunia selalu berujung ramai.

Ambisi Kevin/Marcus untuk menutup tahun 2018 dengan kenangan manis rasanya akan menambah rasa percaya diri yang tinggi. Apalagi Kevin/Marcus datang ke negeri Tirai Bambu sebagai juara bertahan. (AR)