Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Andre dan Maria Bertarung di Malaysia
29 Juni 2010
Andre dan Maria Bertarung di Malaysia
 
 

Pebulutangkis PB Djarum Andre Kurniawan kembali akan turun di turnamen bulutangkis Malaysia Open Grand Prix Gold yang akan berlangsung tanggal 6-11 Juni 2010 di Johor Bahru, Malaysia. Andre yang diunggulkan di tempat kedelapan akan menghadapi pemain tuan rumah Hoo Kim Long. Dari drawing yang dikeluarkan BWF tanggal 22 Juni lalu, nama-nama besar seperti Lee Chong Wei, Taufik Hidayat, Bonsak Polsana dan M. Hafiz Hashim akan ikut serta memperebutkan gelar juara tunggal putra. Namun Lee Chong Wei yang baru saja menjadi juara Indonesia Open Super Series belum memastikan turun ke lapangan. "Saya melihat kondisi fisik saat terakhir karena melewati dua turnamen berturut-turut," ungkap Chong Wei seusai mengalahkan Taufik Hdayat pada final Indonesia Open minggu (27/6) lalu.
 
Di bagian putri, Indonesia menampilkan tiga pemain asal PB Djarum di babak utama yakni Maria Kristin, Maria Febe Kusumastuti dan Fransisca Ratnasari. Maria Kristin menghadapi lawannya pertamanya Michelle Chan Ky (Selandia Baru). Perjalanan Maria untuk ke semi final terhitung cukup berat dimana kemungkinan akan bertemu unggulan kelima Salakjit Polsana (Thailand) di babak kedua dan kemudian unggulan utama, Pi Hongyang (Perancis) di perempat final. Sedangkan Maria Febe yang diunggulkan di tempat keenam akan ditantang pemain Jepang Matsumuto Misaki dibabak perdana. Febe diprediksi akan memperebutkan jatah di semi final dengan pemain unggulan kedua Zhou Mi (Hongkong).
 
Meskipun turnamen ini sekelas Grand Prix Gold atau satu tingkat dibawah turnamen Super Series, namun pertarungan dinomor ganda putra akan berlangsung sengit. Pasangan nomor wahid dunia, Koo Kean Keat/Tan Boon Heong akan berseteru dengan unggulan kedua Markis Kido/Hendra Setiawan untuk memperebutkan tahta juara. Namun Koo/Tan yang menempati pool atas harus menyingkirkan dulu pasangan medioker lainnya seperti Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan yang diperkirakan bertemu di babak delapan besar. Demikian pula Kido/Hendra yang harus melewati pasangan berlapis dari tuan rumah Malaysia. Di babak pertama mereka akan ditantang Goh Wei Shem/Teo Kok Siang untuk menghadapi pemenang antara Hoon Thien How/Ong Soon Hock (Malaysia) dan Endo Hiroyuki/Kenichi Hayakawa (Jepang). Bila berjalan mulus Kido/Hendra kemungkinan bertemu Choon Tan Fook/Lee Wan Wah di perempat final, kemudian M. Zakry/M. Fairuzizuan di semi final.
 
Turnamen Malaysia Open Grand Prix Gold ini diharapkan menyumbang gelar juara buat tim merah putih. Sepanjang setengah tahun ini, Indonesia baru meraih dua gelar juara melalui Alamsyah di India Grand prix Gold dan Sony Dwi Kuncoro di Singapore Open Super Series. (HK)