Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Maldives International Challenge 2013] Bayu Tapaki Perempat Final
07 Juni 2013
[Maldives International Challenge 2013] Bayu Tapaki Perempat Final
 
 

Pebulutangkis muda Indonesia, Muhammad Bayu Pangisthu berhasil menerobos babak perempat final pada kejuaraan Maldives International Badminton Challenge 2013. Bayu menjadi satu di antara tiga pemain tunggal putra Indonesia yang  berhasil menerobos babak delapan besar usai mengalahkan lawan-lawannya kemarin (6/6).

Bayu harus bermain dua kali dalam satu hari untuk bisa menuju babak perempat final. Di pagi harinya yang memainkan babak kedua, Bayu unggul atas pemain Korea Selatan Ki Hoon Han. Bayu yang secara peringkat berada jauh di bawah pemain Korea Selatan, bermain taktis. Hanya dalam dua game, Bayu menang 21-17, 21-19 atas pemain Korea Selatan yang berada di peringkat 345 dunia.

Di babak ketiga yang di pertandingkan petang harinya, kembali Bayu memenagi laganya. Kali ini pemain asal Srilangka Dinuka Karunaratne di hentikan aksinya di kejuaraan yang di laksanakan di Male Sport Complex, Male, Maldives. Berjuang untuk menembus babak delapan besar, Bayu harus bermain panjang tiga game.  Bayu tak gentar dengan peringkat dunia yang di miliki lawan. Pemain Srilangka saat ini menduduki peringkat 208 sementara Bayu hanya ada di urutan 609 dunia. Di karpet hijau yang terjadi justru Bayu lah  yang unggul atas lawannya dengan 21-8, 19-21, 21-13. 

Bayu di dampingi dua pemain muda Indonesia lainnnya Fikri Ihsandi Hadmadi dan Setyaldi Putra Wibowo. Fikri membuat kejutan besar dengan menumbangkan unggulan pertama Niluka Karunaratne asal Srilangka. Kemenangan atas pemain berperingkat tiga puluh enam dunia ini di raih di babak ketiga dengan 21-15, 22-20. Sebelumnya di babak kedua ia juga menang dari pemain unggulan lainnya. Joe Wu, pemain Selandia Baru yang memiliki unggulan ke sepuluh kalah di tangan Fikri dengan 21-19, 21-17.

Setelah mengalahkan unggulan ketigabelas Abhimanyu Singh asal India dengan 21-17, 21-11 di babak kedua, Setyaldi Putra Wibowo menang untuk kedua kalinya di petang harinya. Setyaldi menang di babak ketiga atas Tara Ruengsakvichit asal Thailand dengan 21-13, 21-16.

Di babak perempat final yang akan dimainkan hari ini, seluruh pemain puta Indonesia kembali harus bertemu pemain unggulan. Bayu akan mencoba mengatasi permainan unggulan kedua Zulfadli Zulkiffli asal Malaysia. Fikri Ihsandi Hadmadi bertemu unggulan tujuh Anup Sridar, Sementara Setyaldi Putra akan menghadapi unggulan dua belas asal China Taipei Wang Tzu Wei.

Ihsan Maulana Mustofa harus mengubur ambisinya lebih awal. Ia kalah di babak kedua dari rekannya Jonathan Christie di babak kedua dengan 21-17, 18-21, 16-21. Sayang Jonathan harus terhenti di babak ketiga usai di kalahkan Anup Shridar dengan 19-21, 18-21. Thomi Azizan Mahbub juga gagal meneruskan perjuangannya. Menang di babak kedua dari unggulan ke sembilan Shih Kuei Chun asal China Taipei dengan 11-20, 21-16, Thomi akhirnya terhenti di babak ketiga di tangan pemain India Chetan Anand yang merupakan unggulan ketiga. Meski kalah, ia mampu mempersulit pemain India ini sebelum akhirnya kalah dengan 21-17, 17-21, 10-21. (AR)