Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Korea Open Grand Prix Gold 2013] Dua Ganda Putra ke 16 Besar
07 November 2013
[Korea Open Grand Prix Gold 2013] Dua Ganda Putra ke 16 Besar
 
 

Indonesia menurunkan tiga wakilnya di nomor ganda putra Korea Open Grand Prix Gold 2013. Namun akhirnya hanya dua yang lolos ke babak kedua turnamen yang digelar di Kota Jeonju, Korea itu. Agrippina Prima Rahmanto Putra/Hardianto gagal melangkah usai kandas ditangan Danny Bawa Chrisnanta/Chayut Triyachart dengan 18-21 dan 16-21.

Sementara Yohanes Rendy Sugiarto yang kini berpasangan dengan Muhammad Ulinnuha dan Fran Kurniawan/Bona Septano sama-sama membukukan kemenangan. Rendy/Ulin akan berhasil mengalahkan wakil Taipei, Ting Hsu Jui/Tien Jen Chieh dengan 21-14 dan 21-17. Rekan senegaranya, Fran/Bona pun menundukkan wakil Taipei lainnya Chang Kai Liang/Su Yi Neng dengan 21-15, 11-21 dan 21-18.

Di babak kedua yang digelar hari ini (7/11), Fran/Bona akan ditantang oleh tuan rumah sekaligus unggulan pertama, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang. Ini akan menjadi pertemuan perdana bagi kedua pasangan ini. Diatas kertas, Fran/Bona jauh terpaut dibawah Kim/Kim. Mereka bertengger diposisi 132 sejak dipasangkan September silam, sementara duet ganda Korea bertengger di ranking ke 7 dunia.

Jika mampu melewati duo Kim, Fran/Bona kemungkinan besar akan berhadapan dengan Lee Yong Dae yang kini berpasangan dengan Yoo Yeon Seong. Lee sendiri beberapa kali bergonta ganti pasangan usai rekannya, Chung Jae Sung memutuskan pensiun pasca Olimpiade 2012 lalu.


Dua pasangan Indonesia ini berpeluang untuk saling bersua di semifinal. Jika Rendy/Ulin sanggup mengatasi Han To Sung/Kim Duck Young di babak 16 besar hari ini, dan kemungkinan akan bersua dengan Chen Hung Ling/Lia Chia Pin unggulan tujuh dari Taipei. Keduanya berada di papan atas undian, sementara di papan bawah nomor ini diramaikan oleh Cho Gun Woo/Han Sang Hoon, Ko Sung Hyun yang kembali berpasangan dengan Shin Baek Cheol serta pasangan muda Korea Choi Sol Kyu/Kang Ji Wook.

Sebagai tuan rumah, wajar jika Korea menurunkan semua pemainnya untuk berlaga di turnamen level tiga Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) ini. Sementara di sektor ganda putri, Indonesia yang hanya menurunkan Maretha Dea Giovani/Melvira Oklamona harus puas tanpa wakil di babak kedua. Mereka kandas ditangan Kugo Asumi/Yui Miyauchi dari Jepang dengan 11-21 dan 13-21 sementara Ririn Amelia/Anneke Feinya Agustine batal berangkat ke negeri ginseng itu. (IR)