Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Ahsan/Bona Terus Melaju
17 Maret 2011
Ahsan/Bona Terus Melaju
 
 

Laju pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Bona Septano masih tak tertahan di turnamen bulutangkis Swiss Open Grand Prix Gold 2011. Juara Indonesia Open Grand Prix 2010 ini maju ke babak perempat final setelah menghempaskan Semifinalis Denmark Open Super Series 2010 lalu, Yoshiteru Hirobe/Kenta Kazuno dalam pertandingan panjang dengan tiga set. Seperti halnya pada babak sebelumnya, pasangan Indonesia di awal set pertama terlambat panas, sementara pasangan Jepang langsung mengambil insitiatif penyerangan. Dalam sekali service, pasangan Jepang meninggalkan pasangan Indonesia dengan 0-6. Tanda-tanda kebangkitan pasangan Indonesia belum juga terlihat sampai jeda set pertama. Pasangan Indonesia masih tertinggal dengan 7-11. Kondisi berbalik saat scoring board menunjukkan 11-15. Tiba-tiba pasangan Indonesia berbalik menekan dan menyalib perolehan angka dengan 16-15. Setelah itu perolehan angka menjadi sangat ketat. Perolehan angka keduanya hanya bertaut satu angka saja. Skor imbang terjadi sampai dengan 20-20. Set pertama gagal di rebut pasangan Indonesia. Dua angka terakhir bisa diambil pasangan Jepang dengan kedudukan 20-22.
Set kedua pasangan Indonesia mulai bermain dengan permainan terbaiknya. Lontaran smash keras pasangan Indonesia berulang kali bisa menuai angka. Meski sempat bisa disamakan sampai 8-8, pasangan Indonesia menutup jeda set kedua dengan 11-10. Selanjutnya pasangan Indonesia selalu berada di depan, tanpa bisa di kejar pasangan Jepang. Set keduapun ditutup oleh pasangan Indonesia dengan 21-16 dan membuat pertandingan dilanjutkan pada game ketiga.

Pada set penentuan, pasangan Indonesia memegang kendali permainan. Tanpa ampun, peringkat delapan dunia ini menggebuk pasangan Jepang dengan 21-14.

Mohammad Ahsan/Bona Septano tidak sendirian berada di babak perempat final. Pasangan senior Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan ikut maju ke babak perempat final usai mengalahkan pasangan Singapura Hendri Kurniawan Saputra/Chayut Triyachart dengan 21-12, 21-14.

Di babak perempat final Mohammad Ahsan/Bona Septano akan menjalani ujian berat. Unggulan kedua asal Korea Selatan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong akan menjadi lawan yang akan mencoba menghentikan langkah mereka kembali. Pasangan Indonesia baru satu kali bertemu saat Hongkong Open Super Series 2010 lalu. Saat itu, pasangan Indonesia menyerah dengan 19-21, 19-21. Sementara Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan akan ditantang pemain belanda Ruud Bosch/Koen Ridder.

Di tungal putra, Simon Santoso juga meluncur ke babak perempat final. Lawannya asal Rusia, Sergey Ivlev dikalahkannya dengan 21-17, 23-21. Selanjutnya di babak perempat final, Simon yang menjadi unggulan kedua tunggal putra akan bertemu pemain Jepang Sho Sasaki. Head to head antara kedua pemain ini masih di pegang Simon dengan 3-1.(AR)