Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Ahsan/Bona Buka Peluang
10 Maret 2011
Ahsan/Bona Buka Peluang
 
 

Asa bagi Indonesia pada ajang turnamen All England Super Series 2011 masih ada. Harapan itu kini bertumpu pada ganda putra. Dua ganda putra Indonesia terus melaju ke babak perempat final. Mohammad Ahsan/Bona Septano bermain cemerlang dengan menundukkan pangan India Rupesh Kumar/Sanave Thomas dalam dua set langsung. Pasangan India diawal set pertama berinisiatif memegang kendali permainan. Pasangan Indonesia pun tak mau kalah. Keduanya saling berbagi di empat angka pertama. Setelah itu laju pasangan Indonesia tak tertahankan. Set pertama di tutup dengan kemenangan oleh pasangan Indonesia dengan 21-16.

Di set kedua permainan relatif seimbang. Pasangan India mencoba bermain agresif. Meski sempat beberapa kali memimpin dalam perolehan angka, tetapi pasangan Indonesia bisa menyamakan kedudukan menjadi 8-8. Setelah itu, angka berkejaran dengan hanya selisih satu saja. Setelah angka sama pada puncaknya, yakni 13-13, pasangan Indonesia melejit, mendapat 5 angka seraca berurutan membuat kedudukan menjadi 18-13. Pasangan India masih sempat mendapat satu tambahan angka menjadi 18-14. Selanjutanya pasangan Indonesia hanya bisa menambah satu angka sementara pasangan India masih bisa menambah dua angka membuat kedudukan menjadi 19-16. Pasangan Indonesia akhirnya bisa menutup set kedua dengan kemenangan. Kedudukan pun berakhir dengan 21-16. Mohammad Ahsan/Bosa Septano bisa menciptakan angka pertama dari head to head pertemuan perdananya atas pasangan India, sekaligus mengantarnya ke babak perempat final.

Satu pasang ganda putra lainnya, Markid Kido/Hendra Setiawan juga bisa menerobos babak perempat final. Pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata takluk untuk ketiga kalinya dari pasangan peraih medali emas Asian games Guangzhou. Dalam waktu 24 menit Markis Kido/Hendra Setiawan menaklukan pasangan Jepang itu dengan 21-14, 21-13.

Di babak perempat final Ahsan/Bona akan menghadapi pasangan China Biao Chai/Guo Zhengdong. Pasangan Indonesia perlu mewaspadai pasangan China ini. Meski baru berperingkat 61 dunia, tetapi di babak kedua bisa menciptakan kejutan dengan mengalahkan pasangan Korea Selatan Lee Yong Dae/Jung Jae Sung yang di unggulkan di tempat ke tiga. Pasangan Indonesia menciptakan peluang untuk bisa membalas kekahalan mereka dari pasangan China ini. Pada kejuaraan Malaysia Open Super Series 2011 lalu Mohammad Ahsan/Bona Septano dipaksa menyerah dengan 15-21, 14-21. Sementara itu pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan kembali harus bertemu musuh bebuyutannya asal Malaysia, Koo Kean Keat/Tan Boon Heong. Babak perempat final All England 2011 menjadi pertemuan kesebelas mereka. Skor sementara imbang 5-5. Tetapi Pasangan Indonesia bisa memenangi pertandingan di pertemuan terakhir mereka yang terjadi di di Asian Games Guangzhou 2010 lalu.

Harapan terakhir di tunggal putra, Dionysius Hayom Rumbaka akhirnya terhenti. Hayom harus mengakui kematangan Lin Dan. Hayom menyerah dengan 11-21, 17-21. (AR)