Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Piala Sudirman 2019] Greysia/Apriyani Tambah Kemenangan Indonesia
19 Mei 2019
[Piala Sudirman 2019] Greysia/Apriyani Tambah Kemenangan Indonesia

Meski tim Indonesia sudah menang 3-0 dari tim Inggris pada putaran penyisihan Grup 1B pada Piala Sudirman 2019, tetapi pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu tetap tampil maksimal pada partai ke empat. Greysia/Apriyani tak mau kalah dengan rekan-rekannya yang sudah lebih dahulu menyumbangkan angka kemenangan. Ganda putri nomor satu Indonesia ini menambah kemenangan Indonesia atas Inggris menjadi 4-0.

Greysia/Apriyani tampil tertekan diawal game pertama saat menghadapi wakil Inggris Chloe Birch/Lauren Smith. Titik balik kemenangan juara India Open 2019 asal Indonesia pada game pertama terjadi saat tertinggal 10-12. Secara meyakinkan Greysia/Apriyani membalikkan keadaan dan menang di game dengan 21-16.

Hal yang sama terjadi kembali di game kedua. Berkali-kali ganda putri Indonesia tercecer dalam perolehan angka. Mendekati penghujung game keduapun Greysia/Apriyani tertinggal 15-17.  Tetapi sesudah itu, dalam satu kali service ditangan, ganda Indonesia berbalik unggul 19-17.  Sempat didekati 19-18, ganda Indonesia akhirnya bisa memetik kemenangan di game kedua dengan 21-18. Dengan hasil ini, selain membawa Indonesia secara tim unggul 4-0,  juga membuat head to head antara kedua pasangan ini berubah 2-0 untuk Greysia/Apriyani.

Komunikasi rupanya menjadi salah satu faktor kemenangan dari Greysia/Apriyani. "Di game pertama kami mempercepat tempo, kami coba ubah pola dari awalnya ikuti main drive, setelah instruksi dari pelatih dan komunikasi dengan kak Greys, kami ubah pola jadi diperlambat dan atur penempatan bolanya," ungkap Apriyani kepada badmintonindonesia.org.

 

"Di saat tertinggal itu kami maksa untuk bisa ambil satu poin, bagaimana caranya bisa menang dulu dan nggak mau terjadi rubber game. Atasinya dengan pikiran mau menang,"  sambung Greysia.
"Smith pemain ganda campuran, mereka berdua tangannya kuat. Percaya diri mereka tinggi, walau dalam keadaan tertekan, mereka selalu bangkit untuk ambil poin. Tipe pemain Eropa percaya dirinya memang tinggi sekali," tambah  Greysia.

 

Indonesia masih memiliki peluang untuk mendapatkan satu angka kemenangan lagi melalui nomor ganda campuran. Akan bertanding Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti melawan ganda campuran nomor satu Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock. (AR)