Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tiga Pasang Ganda Putra Melaju
21 April 2011
Tiga Pasang Ganda Putra Melaju
 
 

Tiga pasangan ganda putra Indonesia yang bertanding pada kejuaraan Asia 2011 yang berlangsung di Chengdu, China, seluruhnya maju ke babak kedua. Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan yang bertanding pada malam hari mampu mengatasi perlawanan dari pasangan Korea Selatan Ki Jung Kim/Sa Rang Kim.

Pada set pertama sebenarnya pasangan Indonesia tidak banyak memperoleh angka dari serangan smes. Pasangan Korea Selatan justru mendapatkan nilai dari smes. Hanya saja pasangan Indonesia lebih unggul dalam permainan bola di depan net. Di awal set pertama pun pasangan Indonesia masih harus menyesuaikan diri dengan lapangan. Hasilnya pun pasangan Indonesia sempat tertinggal 4-9 meski kemudian bisa menyamakankedudukan menjadi sama 9-9. Angka terus bergerak kembar sampai 11-11. Semakin lama, pasangan Indonesia semakin menunjukkan permainan terbaiknya. Tujuh angka bisa diraih pasangan Indonesia dan membuat mereka unggul jauh 18-11. Setelah pasangan Indonesia bisa mendapat angka 19, pasangan Korea Selatan masih sempat mencuri tiga angka dan membuat kedudukan berubah 19-14. Dua angka segera diambil pasangan Indonesia dan sekaligus menutupnya dengan kemenangan. Skor pun berubah menjadi 21-14 untuk pasangan Indonesia.

Di set kedua, pasangan Indonesia semakin merajalela. Setelah berbagi angka sama 1-1, pasangan Indonesia langsung mengambil inisiatif penyerangan. Kombinasi permainan net yang dipadu dengan smes keras banyak memberikan poin kemenangan di set kedua. Jeda set kedua, pasangan Indonesia unggul jauh 11-4. Setelah itupun pasangan Indonesia terus memimpin di depan dan menutup jauh set kedua dengan 21-12.

Unggulan kedua ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan yang berada di pool bawah dipaksa bermain tiga set oleh pasangan dari Malaysia Mohamad Zakry Abdul Latif/Thien How Hoon. Set pertama, peraih medali emas Asian games ini unggul 21-17. Set kedua pasangan Malaysia balik mencurinya dengan 21-17. Pada set penentuan, Markis Kido/Hendra Setiawan bisa mengungguli pasangan Malaysia dengan 21-16.

Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan juga ikut maju ke babak kedua. Unggulan ke empat ini juga unggul dari pasangan Malaysia lainnya Mohamad Fairuzizuan Mohamad Tazari/Soon Hock Ong. Hanya dengan 21-17, 21-17, pasangan Indonesia melaju ke babak kedua.

Perang saudara terjadi di babak kedua. Undian yang kurang menguntungkan mengharuskan dua pasangan Indonesia saling bertemu untuk memperebutkan satu tiket di babak ketiga. Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan akan bertemu seniornya Markis Kido/Hendra Setiawan. Dalam pertandingan resmi, inilah kali pertama mereka saling bertemu. Sementara itu pasangan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan akan di tantang Bang Duc Bui/Manh Thang Dao asal Vietnam.

Perjuangan atlet tunggal putra habis sudah. Satu-satunya pemain tunggal putra yang tersisa Wisnu Yuli Prasetyo tersingkir di tangan pemain Hongkong yang menjadi unggulan kesembilan Hu Yun. Meski bisa mencuri set kedua, Wisnu akhirnya menyerah dengan 4-21, 21-19, 6-21. (AR)