Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > Siapakah Lima Atlet Peraih Hadiah Terbesar?
17 Juni 2018
Siapakah Lima Atlet Peraih Hadiah Terbesar?

Hadiah yang diperebutkan dalam pertandingan bulutangkis semakin meningkat. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi yang berminat menekuni cabang olahraga ini. Turnamen Indonesia Open menjadi salah satu turnamen yang menawarkan hadiah terbesar di dunia. Tahun ini, Indonesia Open akan memperebutkan hadiah total US$ 1250000 atau sekitar 17 Milyar rupiah.

Turnamen yang tahun ini bertajuk Blibli Indonesia Open HSBC BWF World Tour Super 1000 yang akan berlangsung tanggal 3-8 Juli 2018 dan turnamen Malaysia Open yang finalnya belangsung 1 Juli 2018, bisa dikatakan sebagai perburuan hadiah paruh kedua tahun 2018. Bagaimana dengan perolehan hadiah pemain Indonesia pada paruh pertama tahun 2018?

Baca juga : Membedah Taburan Dolar di Indonesia Open 2018

Badan bulutangkis dunia melalui situs tournamentsoftware.com selalu memperbaharui perolehan hadiah para pemain dunia. Dari data tersebut kita bisa melihat siapa saja atlet berpenghasilan paling besar. Tentu saja prestasi yang dicapai, akan berbanding lurus dengan pendapatan para atlet.

Pemain ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon menjadi pemain Indonesia dengan perolehan hadiah terbesar pada paruh pertama tahun 2018. Kevin/Gideon memang hanya mengikuti tiga turnamen perorangan yakni Indonesia Masters, India Open dan All England. Tetapi mereka tampil prima dengan menyapu bersih gelar juara dari ketiga turnamen dan mengumpulkan hadiah sebesar US$ 129300 atau sekitar 1,797 Milyar. Jika hadiah tersebut dibagi dua, maka masing-masing mengantongi US$ 64650 atau sekitar Rp 898 juta.

Berada di posisi berikutnya, pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dengan perolehan hadiah sebesar US$ 31475 atau sekitar Rp 437 juta. Hadiah ini dihasilkan dari lima turnamen yaitu sebagai perempatfinalis Malaysia Masters, juara Indonesia Masters, perempatfinalis German Open, 32 besar All England dan 16 besar Kejuaraan Asia.

Dua pemain putri Greysia Polii dan Apriani Rahayu, menguntit di lima besar perolehan hadiah paruh pertama 2018. Pasangan ganda putri ini meraih hadiah sebesar US$ 44478,5 atau sekitar Rp 618 juta. Bila dibagi dua, maka masing-masing pemain memperoleh US$ 22243,75 atau sekitar Rp 309 juta. Angka ini dicapai dari empat turnamen, yakni sebagai runner up Indonesia Masters, juara India Open, 32 besar All England dan perempat final Kejuaraan Asia.

Semua pemain top Indonesia akan mengikuti Indonesia Open. Namun sebagian diantaranya akan mengikuti Malaysia Open yang digelar seminggu sebelumnya. Dari kedua turnamen, kocek para pemain Indonesia akan semakin tebal. Apalagi dengan aturan baru untuk turnamen level Super 750 dan Super 1000, semua peserta akan mendapat hadiah. Akankah ada pemain yang akan menggeser daftar lima besar tersebut?

(Hendri Gumay)