Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [WJC 2018] Indonesia Mulus ke Semifinal
09 November 2018
[WJC 2018] Indonesia Mulus ke Semifinal

Tiket semifinal World Junior Championships 2018 berhasil diamankan oleh tim Indonesia. Pasukan muda merah putih memastikan diri melaju setelah di laga perempat final malam tadi, (8/11) mampu membendung perlawanan Denmark dengan kemenangan telak 3-0.

Pasangan ganda campuran asuhan PB Djarum Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti sukses merebut poin pertama untuk Indonesia. Menghadapi Daniel Lundgaard/Amalie Magelund, pasangan emas Asia Junior Championships 2017 ini sempat mendapatkan perlawanan sengit selama tiga game. Namun akhirnya, kemenangan pun mampu mereka raih setelah unggul 21-12, 20-22 dan 21-17.

Rehan/Fadia mengawali permainannya dengan baik. Mereka terus mengontrol pertandingan hingga game pertama selesai. Namun memasuki game kedua, pasangan besutan Djarum Kudus ini mulai kesulitan dengan permainan lawan. Mereka tertinggal 6-10 dan akhirnya harus merelakan game kedua mereka untuk Lundgaard/Magelund.

Mereka lumayan rapat juga mainnya. Nomor satunya Denmark kan. Tahun lalu di WJC juga mereka delapan besar,” ujar Fadia.

Ini pertama kalinya buat Rehan/Fadia harus kehilangan game. Beruntung di game penentu mereka akhirnya berhasil melesat dengan merebut angka 6-1. Mereka pun bisa menutup laga dengan kemenangan 21-17.

Baca juga :

Game pertama kami mainnya sudah enak. Kami menyerang lebih dulu, dan mereka jadinya nggak enak. Tapi mulai game kedua kami kecolongan kalah start. Pokoknya kuncinya kami jangan sampai kalah start dari mereka. Tadi game ketiga kalau telat dikit aja mungkin kami bisa lewat,” kata Rehan mengenai pertandingannya.

Tapi ada bagusnya kami hari ini susah menangnya, jadi memicu kami buat lebih bagus dan lebih fokus lagi di pertandingan berikutnya. Karena lawankan juga semakin berat,” lanjut Rehan.

Keunggulan Indonesia menjadi 2-0 didapat setelah wakil tunggal putra, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay mampu memang atas Magnus Johannesen dengan 21-13 dan 21-11.

Kalau menurut saya tipe permainan lawan kali ini sekilas agak mirip Kento Momota, jadi saya penasaran juga dengan dia. Dia susah matinya. Cuma saya pikirannya harus main lebih cepet dari dia. Saya juga banyak belajar dari tipe permainan aa Ginting (Anthony Sinisuka Ginting),” kata Ikhsan kepada badmintonindonesia.org.

Usai berhadapan dengan Johannesen, Ikhsan pun banyak mengevaluasi permainannya. Ia berharap bisa tampil lebih sabar dan tahan dalam menghadapi lawan. Ikhsan juga mengaku siap jika harus diturunkan lagi untuk memperkuat timnya.

Kedepannya saya harus lebih sabar di lapangan, lebih tahan dan lebih berani banyak keluar tenaga. Kalau diturunkan lagi harus siap buat ambil poin,” ujar Ikhsan.

Keberhasilan Indonesia melaju ke semifinal akhirnya diwujudkan oleh pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Menghadapi Rasmus Esperen/Sebastian Gronbjerg, Leo/Daniel menang dengan 21-14 dan 21-14. Dengan begitu, Indonesia melaju ke semifinal usai menang telak 3-0 atas Denmark.Selanjutnya Indnesia akan berebut tiket final kontra Korea Selatan. (arh)

Baca juga :