Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kilas Balik 2014] Mohammad Ahsan, Raih Emas Asian Games dan Juara All England
27 Desember 2014
[Kilas Balik 2014] Mohammad Ahsan, Raih Emas Asian Games dan Juara All England
 
 

Indonesia mengandalkan pemain ganda putra asal PB Djarum Mohammad Ahsan untuk merebut berbagai gelar juara di turnamen bulutangkis tahun 2014. Tak dipungkiri, pemain yang biasa disapa dengan panggilan Ahsan ini memang menjadi pemain jangkar di ganda putra. Bersama dengan pasangan tetapnya Hendra Setiawan, Ahsan memenangkan dua gelar yang sangat bergengsi yaitu juara All England dan medali emas Asian Games.

Ahsan dan Hendra mengawali tahun 2014 ini dengan penampilan yang kurang meyakinkan. Setelah Absen di turnamen pembuka Korea Open Super Series 2014, Ahsan/Hendra  tersungkur di babak kedua di kejuaraan Malaysia Open Super Series Premier 2014.

Persiapan yang matang, membuat grafik permainan Ahsan/Hendra mulai menanjak. Pada kejuaraan All England Super Series Premier 2014, Ahsan/Hendra tampil menjadi yang terbaik. Ganda putra nomor satu Indonesia ini membawa pulang gelar juara ganda putra setelah 11 tahun enggan singgah ke tanah air.

Di kejuaraan Singapore Open Super Series 2014 Ahsan kembali terjerembab.  Ahsan dan pasangannya Hendra terhenti di babak perempat final di tangan pasangan Korea Selatan Kim Sa Rang/Yoo Yeon Seong dalam laga rubber game.

Di tahun ini pula persaingan sengit antara Ahsan/Hendra dengan musuh utamanya dari Korea Selatan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong terus berlanjut. Di dua turnamen penting, Ahsan dan Hendra menggebuk ganda nomor satu Korea Selatan ini.  Pada putran final Piala Thomas 2014, Ahsan/Hendra mampu menundukkan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong meski pertarungan berujung rubber game.  Pada Asian Games 2014 yang di langsungkan di Incheon, Korea Selatan, lagi-lagi Ahsan/Hendra membekuk jagoan tuan rumah di babak final. Tak terelakan, kedua pasangan ini menjadi partai klasik yang paling di tunggu.

Sayangnya Ahsan/Hendra tak mampu menjadi kampiun di kandangnya sendiri. Kali ini Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong lah yang menjadi juara dengan mengalahkan Ahsan/Hendra di babak final kejuaraan BCA Indonesia Open Super Series Pemier 2014.  Ahsan/Hendra juga gagal memetik gelar juara Japan Open Super Series 2014 setelah kembali tunduk di tangan Lee/Yoo.

Cedera rupanya menjadi penghambat prestasi  Ahsan. Ahsan terpaksa mundur di kejuaraan dunia 2014. Padahal di tahun 2013, Ahsan dan Hendra berhasil merebut gelar juara. Gagal mempertahankan gelar juara, membuat peringkat ahsan meluncur turun dari singgasana nomor satu dunia. Cedera jualah yang membuat Ahsan mundur pada kejuaraan BWF Super Series Final 2014. Pada kejuaraan yang dilangsungkan di Dubai, Ahsan/Hendra memberikan kemenangan pada ganda China Chai Biao/Hong Wei di putaran penyisihan grup.

Namun sebelum kejuaraan BWF Super Series Final 2014 di gelar, Ahsan/Hendra sempat mengemas gelar dari kejuaraan Hongkong Open Super Series 2014. (AR)