Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [SEA Games 2019] Tim Beregu Putra Indonesia Raih Emas
04 Desember 2019
[SEA Games 2019] Tim Beregu Putra Indonesia Raih Emas
 
 

Tim beregu putra Indonesia dari cabang olahraga bulutangkis akhirnya berhasil mempersembahkan medali emas bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2019. Pada babak final yang dilangsungkan hari ini (4/12), Jonatan Cristie dan kawan-kawan mampu mengalahkan seteru kuatnya, Malaysia pada babak puncak dengan kemenangan 3-1.

Kemenangan Indonesia dari Malaysia ditentukan dari partai ketiga yang memainkan nomor ganda putra. Pasangan ganda putra Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso tampil sebagai penyelamat. Mereka mampu meredam kekuatan ganda dari Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Di game pertama Wahyu/Ade tampil dominan. Walau sempat dibuat repot, tetapi Wahyu/Ade melesat menang dengan 21-16. Di game kedua, pertandingan berjalan ketat. Ganda Malaysia berulang kali mampu memmpin perolehan angka. Titik balik kemenangan Wahyu/Ade terjadi saat tertinggal 14-17. Dalam satu kali service ditangan, ganda Indonesia berbalik unggul dengan 19-16. Walau sempat didekati, Wahyu/Ade bisa mengambil kemenangan dengan skore 21-19.Dengan hasil ini, selain mampu membawa Indonesia merebut medali emas SEA Games 2019, juga merubah rekor pertemuan antara Wahyu/Ade dengan Ong/Teo menjadi 3-2 untuk keunggulan Wahyu/Ade.

Kemenangan Wahyu/Ade melengkapi kesuksesan dari Jonatan Christi dan Anthony Sunisuka Ginting yang sebelumnya turut andil menyumbang kemenangan bagi tim Indonesia. Satu-satunya kekalahan di babak puncak diderita oleh pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Medali emas yang diraih kali ini merupakan kisah manis lanjutan dari yang telah direbut dua tahun lalu. Pada SEA Games 2017 yang dilangsungkan di Kuala Lumpur, Malaysia, tim beregu putra Indonesia juga berhasil merebut medali emas. (AR)