Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [India Open Grand Prix Gold 2012] Indonesia Raih Dua Gelar Juara
24 Desember 2012
[India Open Grand Prix Gold 2012] Indonesia Raih Dua Gelar Juara
 
 

Indonesia berhasil merebut dua gelar juara pada kejuaraan India Open Grand Prix Gold 2012. Pasangan ganda campuran Indonesia Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati mengawali persembahan buat Indonesia. Di babak final yang berlangsung kemarin (23/12) pada kejuaraan berhadiah total US$ 120.000,-, Fran/Shendy menjadi kampiun dengan mengalahkan pasangan ganda campuran dari Thailand Nitiphon Puangpuapech/Savitree Amitrapai dalam 34 menit.

Di game pertama, permainan hanya berimbang hingga angka 8-8. Selebihnya pasangan Indonesia mendominasi jalannya pertandingan dan menang dengan 21-12. Memasuki game kedua, pasangan Indonesia sebenarnya mampu memimpin perolehan angka dan sempat unggul jauh pada angka kritis. Semula pertandingan di perkirakan akan segera berakhir ketika pasangan Indonesia unggul jauh 18-12. Justru yang terjadi di lapangan, pasangan Thailand tetap ngotot dan terus mengejar perolehan angka hingga pertandinganpun harus di lalui dengan deuce. Setelah angka sama 22-22, pasangan Indonesia akhirnya mampu menambah dua angka kemenangan menjadi 24-22 dan cukup untuk membawa mereka menjadi juara.

Lindaweni Fanetri menjadi pemain Indonesia lainnya yang memberikan kebanggaan buat Indonesia. Lindaweni yang datang hanya sebagai unggulan ketujuh, ternyata mampu membuat penonton India terdiam saat andalannya Shindu PV kalah di tangan Lindaweni. Lindaweni yang sempat kalah di pertemuan pertamanya dengan tunggal putri India pada babak kualifikasi All England 2012, tahu betul bagaimana meredam permainan tunggal India yang memiliki peringkat 24 dunia ini. Ia lebih  banyak menjauhi lawan dari bola dan berusaha mendorong bola ke belakang baik lurus maupun silang. Di game pertama, teknik ini membuahkan kemenangan bagi Lindaweni yang menang dengan 21-15. Di game kedua lawan sudah bisa membaca arah datangnya bola dan mulai meninggalkan tunggal putri Indonesia berperingkat 33 dunia. Lindaweni hanya bisa memperkecil jarak sebelum akhirnya game kedua di ambil Shindu dengan 21-18. Di game penentuan Linda mencecar lawan dengan lebih mengarah bola ke sisi kanan lawan. Taktik ini membuahkan hasil. Beberapa kali smash ataupun bola cop Lindaweni ke sisi ini tak bisa di ambil lawan. Lindaweni yang sempat unggul di angka tua masih tetap bisa di kejar oleh pemain India bertubuh jangkung dengan 17-17. Mendekati akhir game ketiga kepercayaan diri Lindaweni semakin meningkat. Ia tidak lagi hanya sekedar bermain aman tetapi tetap terus menekan lawan. Empat tambahan angka bagi tunggal putri Indonesia cukup untuk membungkus kemenangan dari pemain India. Lindaweni menang di game ketiga dengan 21-18. 


Kesempatan untuk menambah gelar juara melalui ganda putri akhirnya pupus. Babak final sepertinya menjadi anti klimaks bagi pasangan ganda putri Indonesia, Komala Dewi/Jenna Gozali. Setelah di babak semifinal mampu menghentikan unggulan pertama, Komala/Jenna akhirnya harus puas menjadi runner up setelah kalah dari ganda Thailand Savitree Amitrapai/Sapsiree Taerattanachai dengan 12-21, 6-21.

Tuan rumah India akhirnya bisa memperoleh satu gelar juara melalui tunggal putranya Kashyap P yang menang dari tunggal putra Thailand Tanongsak Saensomboonsuk dengan 21-19, 14-21, 21-17.

Gelar juara ganda putra terbang ke negeri Ginseng, Korea Selatan. All Korean Final terjadi di nomor ganda putra. Dua ganda putra Korea Selatan saling berhadapan untuk merebut gelar juara. Gelar juara akhirnya jatuh kepada Lee Yong Dae yang kini berpasangan dengan Ko Sung Hyun. Le Yong Dae/Ko Sung Hyun menang dua game atas rekannya Kang Ji Wok/Lee Sang Joon dengan 21-13, 21-19.

Hasil Final India Open Grand Prix Gold 2012:

Ganda Campuran: Fran Kurniawan Teng/Shendy Puspa Irawati  (IDN)- Nitiphon Puangpuapech/Savitree Amitrapai (THA) : 21-12, 24-22
Ganda Putra: Lee Yong Dae/Ko Sung Hyun (KOR) - Kang Ji Wok/Lee Sang Joon (KOR) 21-13, 21-19.
Tunggal Putri: Lindaweni Fanetri (IDN) – Shindu PV (IND) : 21-15, 18-21, 21-18
Ganda Putri: Savitree Amitrapai/Sapsiree Taerattanachai (THA) - Komala Dewi/Jenna Gozali  (IDN) : 21-12, 21-6
Tunggal putra: Kashyap P (IND) - Tanongsak Saensomboonsuk (THA) : 21-19, 14-21, 21-17.