Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [China Open 2019] Menang Rubber Game, Rinov/Pitha Melaju
17 September 2019
[China Open 2019] Menang Rubber Game, Rinov/Pitha Melaju
 
 

Kejuaraan bulutangkis China Open 2019  sudah dimulai hari ini (17/9). Kejuaraan dengan hadiah total USD 1.000.000,- langsung memainkan babak pertama tanpa ada babak kualifikasi. Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari termasuk pasangan yang harus bertanding di hari pertama. Ganda campuran masa depan Indonesia ini memulai pertandingan di babak pertama dengan bertemu ganda Malaysia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Kedua pasangan ini sudah saling berbagi kemenangan dari pertemuan sebelumnya. Head to head kedua pasangan ini masih berujung imbang 1-1. Rinov/Pitha menang di pertemuan pertama pada kejuaraan German Open 2019, sementara lawannya menang di pertemuan terakhir pada kejuaraan New Zealand Open 2019.

Ganda Indonesia memulai game pertama dengan baik. Rinov/Pitha bisa mengendalikan permainan dan menang dengan 21-18. Faktor angin rupanya menjadi penghalang bagi Rinov/Pitha untuk bisa menang straight game. Ganda campuran Indonesia berperingkat 19 dunia ini dipaksa menyerah dengan kedudukan 16-21. Di game ketiga, ganda Indonesia tidak mau mengulang kesalahan seperti game kedua. Rinov/Pitha langsung melesat dan menang jauh dengan 21-12.

"Sebetulnya di awal kami main bagus. Di game kedua ada faktor angin, jadi kurang lepas mainnya. Kami menang angin, jadi ragu-ragu terus pukulannya," ujar Rinov kepada badmintonindonesia.org.

"Waktu di game ketiga, kami seperti bilang ke diri sendiri, kami nggak mau keulang lagi kesalahan sebelumnya. Sudah leading terus kalah. Jadi mumpung dapat lapangan yang enak, kami jauhkan dulu poinnya, jadi nanti waktu pindah lapangan, sudah unggul jauh," sambung Pitha

Rinov/Pitha masih menunggu lawan yang akan dihadapi pada babak kedua. Rinov/Pitha masih menunggu pemenang antara ganda Korea Seo Seung Jae/Chae Yujung yang akan menghadapi ganda asal Tiongkok Ou Xuan Yi/Feng Xue Ying.

Mengomentari calon lawan yang akan dihadapi, Pitha mengaku harus lebih fokus pada permainannya sendiri. "Dari kaminya harus lebih tahan lagi fokusnya. Ditambah lagi, kami kan sudah sama-sama tahu, sudah lama berpasangan, sudah sering dikirim ke mana-mana, kami mau buktikan saja kalau kami bisa berikan yang terbaik," tutur Pitha.

Kemenangan Rinov/Pitha sayangnya tidak diikuti oleh pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Praveen/Melati harus angkat koper lebih cepat usai dikalahkan ganda dari India Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa dengan 20-22, 21-17, 17-21. Indonesia masih memiliki senjata lain di ganda campuran. Masih ada pasangan Hafiz faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow.  (AR)