Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kilas Balik 2018] Agatha/Siti Melesat Di Peringkat 34 Dunia
02 Januari 2019
[Kilas Balik 2018] Agatha/Siti Melesat Di Peringkat 34 Dunia
 
 

Bibit-bibit pemain masa depan Indonesia di ganda putri  mulai bermunculan. Diantara beberapa pemain masa depan Indonesia ada pasangan Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Pasangan inilah yang diharapkan akan tampil sebagai penerus kekutan ganda putri Indonesia. Agatha/Fadia masih terhitung junior. Tetapi ia sudah pernah merasakan kerasnya perjuangan di kejuaraan dengan kategori bukan junior. Tak salah jika peringkat dunianya pun sudah barada pada 34 dunia.

Agatha/Fadia mengawali tahun 2018 dengan menjadi perempat finalis di kejuaran Thailand Masters 2018. Lalu mencapai babak semifinal di kejuaraan Finish Open 2018. Babak semifinal juga mereka rasakan di Hyderabad Open 2018. Selain di Thailand, Agatha/Fadia juga menjadi perempat finalis di Vietnam Open 2018, Bangka Belitung Indonesia Open 2018 dan Chinese Taipei Open 2018.

Untuk pertama kalinya, mereka juga sempat ambil bagian di kejuaran BWF World Champhionships 2018 namun perjalanan mereka kandas dibabak pertama. Meski begitu, Selena Piek/Cheryl Seinen yang menjadi lawan mereka harus bekerja keras untuk bisa mengalahkannya. Agatha/Siti juga sempat mempersulit salah satu ganda terbaik dunia dari Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi pada kejuaraan Blibli Indonesia Open 2018. Agatha/Fadia sempat mencuri game pertama dengan 21-17 sebelum akhirnya menyerah di dua game berikutnya dengan 12-21, 11-21.

Di kategori junior, Agatha/Fadia melesat menembus babak semifinal World Junior Championships atau Kejuaraan Dunia Junior. Mereka gagal melanjutkan hingga babak final usai kalah dari ganda Tiongkok Liu Xuanxuan/Xia Yuting. Di kejuaraan Badminton Asia Junior Championships 2018, Agatha/Fadia juga bisa mencapai babak semifinal. Adalah pasangan Malaysia Pearly Koong Le Tan/Ee Wei Toh yang mangandaskan harapan dari ganda Indonesia. Ganda ini pula yang selalu menghentikan Agatha/Siti di berbagai kejuaraan junior. Pada babak semifinal Malaysia International Junior Open 2018, lagi-lagi Agatha/Fadia dihentikan oleh ganda Malaysia. Hal yang sama juga terjadi di babak perempat final Thailand International Junior Open 2018. Pasangan dari Malaysia ini juga yang menghentikan aksi Agatha/Fadia.

Agatha/Fadia akan membuka lembaran tahun 2019 dengan mengikuti dua kejuaraan. Nama mereka sudah tercatat di kejuaraan Malaysia Masters 2019 dan Thailand Masters 2019. Lawan-lawan berat sudah menunggu di dua kejuaraan ini. Agatha/Fadia langsung bertemu lawan tangguh di babak pertama Malaysia Masters 2019. Li Wenmei/Zheng Yu adalah lawan pertama bagi Agatha/Fadia. Di pada kejuaraan Thailand Masters 2019, Agatha/Fadia sudah ditunggu ganda nomor satu Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai pada babak pertama. (AR)