Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tim Indonesia Serbu Singapura Indoor Stadium
15 Juni 2010
Tim Indonesia Serbu Singapura Indoor Stadium
 
 

Ajang turnamen internasional Singapore Open Super Series 2010 akan dimulai hari ini, 15 Juni 2010 dengan babak kualifikasi. Walaupun bertajuk kualifikasi, beberapa nama besar tampak terlihat bermain mulai dari babak ini. Di antaranya adalah Maria Kristin Yulianti yang saat ini berperingkat 59 dunia saat ini, Greysia Polii yang mencoba partai ganda campuran bersama Tantowi Ahmad, serta Markis Kido/Lita Nurlita yang menemani Tantowi/Grace. Indonesia menyerbu dengan 21 perwakilan di lima partai, sedangkan China sekedar cicip-cicip.

Dua tunggal putra Djarum akan menghadapi dua unggulan teratas di babak-babak awal. Andre Kurniawan Tedjono akan langsung melawan unggulan kedua, Peter Gade di pertandingan pertamanya, sedangkan Dionysius Hayom Rumbaka nampaknya akan bertemu dengan unggulan pertama, Lee Chong Wei di babak kedua.
Maria Febe
Maria Febe Kusumastuti juga akan berhadapan dengan unggulan ketujuh asal Korea Selatan, Bae Seung Hee. Seung Hee saat ini berada di peringkat 14 dunia dan semifinalis Korea Super Series 2010 dan perempat finalis Hong Kong Super Series 2009. Menemani Febe adalah Fransiska Ratnasari yang akan berhadapan dengan sejawat Seung Hee, yakni, si kidal Bae Youn Joo yang hanya berperingkat 1 angka di atas Nana. Walaupun masih muda, tetapi Nana perlu berhati-hati melawan Youn Joo yang berhasil lolos sampai ke semifinal Swiss Super Series 2010 dan runner up Malaysia Open Super Series 2010. Youn Joo pernah menyingkirkan nama-nama seperti Zhou Mi (dua kali), Wang Yihan, Salakjit Ponsana, dan Pi Hongyan.

Dari partai ganda, pasangan Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama Dasuki bisa jadi akan berhadapan dengan unggulan pertama asal Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong. Unggulan kedua jatuh ke tangan Markis Kido/Hendra Setiawan yang saat ini berlabel “atlet profesional.” Dari partai ganda putra inilah Indonesia kembali berharap banyak karena empat pasangan berkualitas telah masuk di babak utama: Rian/Yonathan, Kido/Hendra, Muhammad Ahsan/Bona Septano, dan Alvent Yulianto Chandra/Hendra Gunawan (unggulan kelima); selain dua pasang dari babak kualifikasi.

Di ganda putri, nampaknya PBSI masih mencoba mencari pasangan terbaik. Greysia Polii yang biasa dipasangkan dengan Nitya Krishinda, kali ini kembali dipasangkan dengan Meiliana Jauhari. Nitya sendiri bermain dengan Shendy Puspa Irawati. Yang menarik selain pasangan “tukar guling” ini adalah Vita Marissa yang berpasangan dengan putri kebanggaan Thailand, Saralee Thoungthongkam. Vita/Saralee akan langsung berjibaku melawan generasi di bawahnya, Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni.

Bagaimana dengan ganda campuran? Harapan terbaik masih disandang di bahu pasangan senior, Nova Widianto/Lilyana Natsir sebagai unggulan pertama serta Hendra Gunawan/Vita Marissa sebagai unggulan ketiga.

Jika Indonesia tampak antusias berlaga di Singapura, tidak demikian dengan China. Hanya empat pemain berbendera China yang turun ke Singapura: satu di tunggal putra, satu di tunggal putri, dan satu pasang di ganda campuran.

Tim Indonesia di Kualifikasi

Babak kualifikasi esok hari akan tetap menarik untuk disimak. Dimulai pukul 8 pagi WIB, Markis Kido/Lita Nurlita sebagai unggulan pertama di kolam kualifikasi ganda campuran akan berhadapan dengan ganda tuan rumah, Jeffrey Wong/Thng Ting Ting. Setelah itu pukul 8:55am WIB, akan terjadi perseteruan antara ganda campuran Tantowi/Grace melawan Hendra Setiawan yang berpasangan dengan putri andalan Rusia, Anastasia Russkikh.

Beristirahat sebentar, pada pukul 11:50am WIB Candra Wijaya akan berlaga berpasangan dengan saudara iparnya, Ronald Susilo yang berbendera Singapura. Mereka akan melawan Ngoc Tung Nguyen/Tran Duc Phong dari Vietnam. Pada waktu yang sama, Chrisna Adiwijaya/Syarif Syahmie Radhitian juga akan berjuang melawan Chen Guorui/Tang Kirt Soon dari Singapura. (DC)