Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia International Open 2018] Main Agresif dan Sabar, Syabda Kalahkan Unggulan Malaysia
15 Agustus 2018
[Malaysia International Open 2018] Main Agresif dan Sabar, Syabda Kalahkan Unggulan Malaysia
 
 

Pemain tunggal putra Indonesia yang juga lulusan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2013 lalu Syabda Perkasa Belawa mengalahkan pemain unggulan 15 Malaysia Chia Wei Jie di kejuaraan Malaysia International Open 2018 yang baru masuki babak kedua, Rabu (15/8).

Bertanding di lapangan tiga Dewan Wawasan 2020, Kangar-Malaysia. Tak mudah bagi Syabda meraih kemenangan dari pemain Malaysia itu. Syabda dipaksa harus menguras keringat lebih banyak untuk memenangkan pertandingan tadi. Ketika dihubungi tim pbdjarum.org, Syabda mengaku jika kunci kemenangan tadi hanya bermain lebih agresif dan lebih sabar.

Memang lawan tipe pemain menyerang,punya smashnya juga keras tapi variasinya kurang serta bola depannya polos-polos aja. Jadi saya mainnya lebih agresif dan lebih sabar, tapi tetap defend lebih siap juga.” Tambahnya Syabda.

Diakui oleh Syabda jika dari awal kondisi dirinya masih kurang baik dan mainnya juga belum maksimal lantaran minggu kemarin ikut kejuaraan India International Junior. Karena perjalanan cukup memakan waktu lama. Ia merasa kondisinya masih belum fit benar.

Di pertandingan tadi, game pertama. Syabda menang dalam duel adu setting 22-20. Tapi di game ke dua karena fokus bermainnya turun, Syabda pun menyerah di angka 16-21. Syabda mengatakan di game pertama memang ketat, karena masih seringkali buat kesalahan sendiri. Tapi beruntung bisa raih kemenangan.

Game duanya sudah lebih nguasai permainan, bahkan unggul 11-5. Tapi ketika lawan berganti cock dan dapat yang agak berat, jadi keuntungan buat lawan. Dia lebih enak menyerang. Di situ saya juga fokusnya turun jadi kekejar poin terus dan saya kalah 16-21,” ujar Syabda.

Beruntung di game tiga, tepat di menit ke 67 Syabda berhasil keluar sebagai pemenang, meski skor kemenangan didapatnya tipis yaitu 21-19. Kata Syabda, sebenarnya di game penentu ia sudah bisa menguasai permainan hingga perolehan poin 11-6.

Tapi malah kekejar oleh lawan menjadi 14-14. Posisi saya agak kalah anginnya jadi susah buat menyerang jadi lebih bernafsu dan kekejar deh. Terus saya coba lebih sabar dan mainnya di rubah dari defend dulu, dari situ lawan malah jadi terburu-buru nyerangnya tapi malah banyak error dianya.” Beber Syabda.

Lolos ke babak 16 besar yang berlangsung Kamis (16/8) besok. Syabda akan berjumpa kembali dengan pemain tuan rumah Ooi Jhy Dar. Ini pertemuan kedua bagi Syabda, sebelumnya di kejuraan Victor Jakarta Open Junior International Championships 2017 lalu, Syabda kalah dalam duel tiga game, 21-12, 23-25 dan 15-21.

Yang pertama harus lebih baik dari permainan hari ini. Mainnya juga lebih sabar lagi dan kurangi buat kesalahan sendiri. Optimis pasti,” tutur Syabda. (ds)