Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Ganda Putra dan Putri Kuasai Babak Perempat Final
30 Maret 2012
Ganda Putra dan Putri Kuasai Babak Perempat Final
 
 

Pemain-pemain ganda putra Indonesia menguasai babak perempat final pada kejuaraan Ciputra Hanoi Vietnam International Challenge 2012. Lima ganda putra Indonesia berhasil menjejakkan dirinya pada babak delapan besar dan hanya menyisakan tiga tempat untuk ganda putra lainnnya.

Praven Jordan/Didit Juang Indrianto kali ini membuat kejutan yang mengesankan. Unggulan ketiga asal Malaysia Mohd Lutfi Zaim Abdul Khalid/Vountus Indra Mawan di buat kewalahan dan harus mengepak peralatan lebih awal setelah kalah di tangan ganda putra asal PB Djarum dengan 18-21, 22-20, 17-21.

Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda Suwardi juga sukses menghentikan ganda Malaysia lainnya Jadish Singh/Hong Kheng Yew hanya dalam dua game. Menang di game pertama dengan 21-11, di game kedua mereka unggul dengan 21-13.

Ronald Alexander/Selvanus Geh juga memakan korban pasangan unggulan. Kali ini unggulan keenam Jui Wei Liang/Kuan Hao Liao dari China Taipei terpaksa mengubur impian. Meski bermain dengan sangat ketat, pasangan Indonesia mampu unggul dengan 15-21, 21-17, 21-15.
Dua pasang ganda putra Indonesia yang berada dalam daftar unggulan masih belum tertahan. Andrei Adistia/Christoper Rusdianto serta Markus Fernaldi/Agripinna Prima masih tetap memelihara peluang. Unggulan kedelapan Andrei Adistia/Christoper Rusdianto harus rela mengalahkan rekannya sendiri Wahyu Nayaka/Ade Yusuf dengan 21-17, 21-19, sementara Markus Fernaldi/Agripinna Prima mengalahkan pasangan Malaysia Low Juan Shen/Yip Jiun Tan dengan 23-21, 21-14.

Dua tiket semifinal sudah dipastikan bisa di tempati oleh Indonesia. Empat pasang ganda putra Indonesia akan saling berhadapan pada babak perempat final. Praven Jordan/Didit Juang akan menjamu Ronald Alexander/Selvanus Geh. Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda juga harus berjuang menuju babak empat besar dengan menghadapi Andrei Adistia/Christipher Rusdianto.

Posisi satu tiket final juga bisa di amankan oleh ganda putra Indonesia, asalkan Markus Fernaldi/Agripinna Prima bisa menghentikan pasangan India Pranav Chopra/Akshay Dewalkar. Karena Jika Marcus/Agripinna menang maka mereka akan menghadapi pasangan Indonesia lainnya di babak semifinal.

Di ganda putri empat pasang ganda Indonesia juga bisa menerobos babak perempat final. Khaeriah Rosmini/Melvira Oklamona turut menyertakan diri menjadi pasangan yang berada di babak delapan besar. Bertanding dua kali dalam sehari, tak menjadi masalah untuk mereka. Bahkan pada pertandingan pertama kejutan pun bisa di buatnya. Pasangan Malaysia Shevon Jemie Lai/Marylen Poau Leng Ng yang menjadi unggulan ketujuh dikalahkannya dalam dua game dengan 21-13, 21-11. Di babak kedua yang di pertandingkan pada sore harinya, mereka menang dari Patchanut Krajangchit/Lam Narissapat asal Thailand dengan 20-22, 21-14, 21-13.

Dua pasang ganda putri Indonesia lainnya pun mampu menjegal pasangan unggulan. Mantan pemain Pelatnas Pia Zebadiah Bernadet yang menggandeng Rizki Amelia Pradipta menghentikan aksi unggulan utama Pradnya Gadre/Prajakta Sawant dengan 21-14, 21-18 di babak pertama. Di babak kedua giliran pasangan tuan rumah Vietnam Thu Huyen Le/Nhu Thao Pham yang di hentikan dengan 21-6, 21-13.
Di paruh undian bawah Devi Tika Permatasari/Nurvita Hanadia Keshya juga membuat kejutan dengan mengalahkan ungguan kedua Yu Yan Venessa Neo/Ting Ting Thng asal Singapura di babak kedua. Menang di game pertama dengan 21-15, pasangan Indonesia menyerah di babak kedua dengan 18-21 dan kembali menang di game ketiga dengan 21-11. Sebelumnya di babak pertama mereka menang dari pemain China Taipei Yu Chieh Cheng/Hsiu Wei Yang dengan 21-10, 21-11.

Satu-satunya pasangan ganda putri yang menempati posisi unggulan Shella Devi Aulia/Anggia Shitta Awanda juga ikut masuk babak delapan besar. Dua kali unggulan kelima ini menang untuk bisa berada di babak perempat final.

Sayangnya pasangan Ririn Amelia/Deariska Putri Medita terhenti langkahnya dibabak pertama, setelah kalah dari Thi Sen Nguyen/Thi Trang Vu dari Vietnam dengan 21-13, 16-21, 11-21.

Dua tempat babak semifinal ganda putri sudah berada dalam genggaman Indonesia. Seluruh pasangan ganda putri Indonesia yang menerobos babak perempat final akan saling berhadapan. Khaeriah Rosmini/Melvira Oklamona akan berebut tiket semifinal dengan Devi Tika Permatasari/Nurvita Hanadia Keshya sedangkan Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta akan bertemu dengan Shella Devi Aulia/Anggia Shitta Awanda. (AR)