Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Piala Sudirman 2019] Indonesia Terhenti
25 Mei 2019
[Piala Sudirman 2019] Indonesia Terhenti

Tim Indonesia akhirnya terhenti di babak semifinal pada ajang perebutan Piala Sudirman 2019 yang dilangsungkan di Nanning, Tiongkok hari ini (25/5). Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang diturunkan oleh Indonesia di partai ke empat belum berhasil menahan laju ganda Jepang Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara. Walau sudah jatuh bangun menghalau bola dari lawan, Greysia/Apriyani akhirnya harus mengakui ketangguhan lawan yang merupakan pasangan nomor satu dunia.  Kekalahan Greysia/Apriyani membuat tim Indonesia menyerah dari tim Jepang dengan 1-3.

Pertahanan pasangan Jepang memang sangat rapat. Serangan-serangan yang dilancarkan oleh pasangan Greysia/Apriya dapat dimentahkan oleh pasangan Jepang. Walau tertinggal 7-16, Greysia/Apriyani bermain dengan sabar dan terus menyerang lawan. Dan hasilnya, satu persatu ganda Indonesia bisa mendekat menjadi 15-19. Usaha maksimal ganda Indonesia pada game pertama belum membuahkan hasil. Greysia/Apriyani menyerah dengan 15-21.

Di game kedua, pasangan Indonesia bisa membuat ganda Jepang berulang kali memungut bola dilapangannya sendiri dan sempat membuat angka sama 8-8. Ganda Jepang yang memiliki pertahanan rapat dan serangan yang keras mulai meninggalkan perolehan pasangan Indonesia menjadi 17-13. Usaha mengejar yang dilakukan ganda Indonesia sampai 17-18 ahirnya gagal. Ganda Jepang akhirnya menang dengan 21-17.

“Memang harus diakui, pasangan Jepang lebih siap, mereka sudah memimpin 2-1, jadi lebih percaya diri. Tapi kami sebelum masuk lapangan coba gimana menguasai dan mengendalikan permainan, pikiran kami, kami mentalnya harus lebih siap, bagaimana kalahkan diri sendiri. Kami enjoy dan tidak tertekan walau sedang ketinggalan. Tadi kami sudah coba kasih yang terbaik, maaf banget karena nggak bisa kasih satu poin, kami ingin banget memenangkan pertandingan ini,” ujar  Greysia kepada badmintonindonesia.org.

“Kami tidak merasa ada tekanan, soalnya lebih mikirin cara main, bagaimana bisa menang dulu. Bagaimana main lebih baik dari sebelumnya, kan sebelumnya kalah jauh,” kata Apriyani.

Tim Jepang pada babak final akan bertemu dengan tim Tiongkok yang pada pertandingan sebelumnya menang dari Thailand dengan 3-0. Pertandingan babak final antara tim Jepang melawan tim Tiongkok akan dilangsungkan besok (26/5).