Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Febe Ditantang Ayumi
24 Agustus 2011
Febe Ditantang Ayumi
 
 

Terbuka sudah layar di balik penantang perdana Maria Febe Kusumastuti di babak utama Vietnam Open Grand Prix yang sedang berlangsung di Ho Chi Minh City (HCMC) saat ini. Sang penantang adalah Ayumi Mine asal Jepang yang belum banyak diturunkan di ajang internasional, namun selalu menang saat bertemu dengan lawan dari Indonesia.

Ayumi pernah mengalahkan Rosaria Yusfin Pungkasari di Korea Open Grand Prix 2010 dan menang atas Gustiani Megawati di babak kualifikasi Austrian International Challenge 2010. Selain itu, peringkat Ayumi secara perlahan tapi pasti terlihat menanjak naik. Melihat latar belakang Ayumi tersebut, tentunya Febe harus berhati-hati walaupun ia didapuk sebagai unggulan kedelapan.

Bagi Febe sendiri, tentunya ia berharap dapat mendulang prestasi di tanah Vietnam kali ini. Febe perlu membuktikan pada dirinya sendiri bahwa ia masih bertaring. Sepanjang tahun ini, Febe seakan dihadang tembok tinggi ke perempat final. Tujuh kali bertanding, ia selalu terhenti babak 16 atau 32 besar. Pencapaian terbaiknya setahun belakangan ini adalah menjadi semifinalis Indonesia Open Grand Prix Gold Oktober tahun lalu.

Febe tidak akan berjuang sendiri. Di HCMC, ia ditemani oleh Aprilia Yuswandari (unggulan keenam), Bellaetrix Manuputty yang ditarik masuk ke babak utama, dan dua lolosan kualifikasi: Renna Suwarno dan Hera Desi Ana Rachmawati.

Selain April, tiga srikandi lainnya akan bertemu lawan tangguh di babak pertama. Bella akan bertemu unggulan ketiga asal Taipei, Tzu Ying Tai; Renna bertemu putri andalan Singapura, Fu Mingtian yang sudah malang melintang di dunia bulutangkis internasional; sedangkan Hera bertemu unggulan ketujuh asal Bulgaria, Linda Zechiri.

Persaingan di tunggal putri tampak hangat dengan hadirnya perwakilan dari 12 negara di babak utama, termasuk dua negara non-Asia, yakni, Bulgaria dan Amerika Serikat. Pesaing utama datang dari Jepang, Korsel, dan Taipei. Jepang memiliki Sayaka Sato dan Ai Goto, Korsel mengirim Kim Moon Hi, sedangkan Taipei memiliki Tai Tzu Ying. Tzu Ying adalah juara US Open Grand Prix Gold 2011 dengan mengalahkan Sayaka di final. Ai adalah semifinalis Russian Grand Prix 2011, sedangkan Moon Hi perempat finalis Swiss Open Grand Prix Gold 2011.

Akankah putri-putri Indonesia menunjukkan taringnya dan memproklamirkan diri sebagai penantang serius mereka di Vietnam Open Grand Prix kali ini? (DC)