Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Perunggu untuk Indonesia
15 November 2010
Perunggu untuk Indonesia
 
 

Tim bulutangkis putra dan putri Indonesia akhirnya masing-masing menyumbangkan medali perunggu di ajang Asian Games 2010 yang sedang berlangsung di Guangzhou, China. Tim putra harus mengakui keunggulan China, sedangkan tim putri kalah bersaing dari Thailand.

Langkah tim putra Indonesia memang terasa sulit untuk menghadapi lini utama tim putra China. Sang senior, Taufik Hidayat, melaju terlebih dahulu untuk menghadapi Lin Dan. Kalah di set pertama 13-21, Taufik sempat memimpin di angka kritis set kedua sebelum akhirnya terkejar oleh Lin Dan dan akhirnya kalah 21-23.

Partai kedua terasa lebih miris lagi karena Markis Kido/Hendra Setiawan kalah 21-23, 21-14, dan 10-21 dari Cai Yun/Fu Haifeng. Harapan terakhir, sang tunggal kedua, Simon Santoso pun akhirnya tidak mampu melawan ketegangannya saat melawan Chen Jin, dan akhirnya juga harus kalah 11-21 dan 15-21.

Meiliana/GreysiaDi lapangan sebelah, tim putri Indonesia juga berjuang keras melawan tim putri Thailand. Tunggal pertama, Adriyanti Firdasari harus menelan kekalahannya dari Salakjit Ponsana 17-21, 21-17, dan 17-21. Kekalahan ini dibalas cantik oleh Meiliana Jauhari/Greysia Polii yang menang 18-21, 21-15, dan 21-10 atas Savitree Amitapai/Vacharaporn Munkit.

Dalam kedudukan satu sama, Maria Febe Kusumastuti melangkah masuk ke medan perang. Lawannya adalah Porntip Buranaprasertsuk, semifinalis French Open Super Series tahun ini. Tak dinyana, gebrakan-gebrakan yang dilakukan Febe kemarin tidak tampak hari ini. Ia kalah 12-21 dan 15-21. Harapan pun kemudian bergulir ke tangan Nitya Krishinda Maheswari/Pia Zebadiah Bernadeth. Pasangan Nitya biasanya, Shendy Puspa Irawaty, harus beristirahat karena cedera saat latihan.

Dengan formasi pasangan yang tidak biasanya, Nitya/Pia mampu memberi kejutan dan berhasil memenangkan set pertama 21-9 atas Saralee Thoungthongkam/Kunchala Voravichitchaikul. Namun set kedua tidak lagi berpihak pada Nitya/Pia; mereka kalah 17-21. Dan ternyata medali perunggulah yang telah menanti tim putri Indonesia saat set ketiga pun terbang ke tangan Saralee/Kunchala lewat skor 21-11.

Dua medali perunggu bulutangkis untuk kategori grup lainnya jatuh ke tangan tim putra Thailand yang kalah dari Korea Selatan 1-3, dan ke tangan tim putri Korea Selatan yang tak kuasa menahan laju China sehingga kalah 0-3.

Walaupun hanya perunggu yang didapat di kategori grup, namun Indonesia masih memiliki harapan di kategori individu yang akan dimulai pada hari Selasa, 16 November 2010. Final beregu akan mempertandingkan China melawan Korea Selatan (putra) dan China melawan Thailand (putri). (DC)