Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Kilas Balik 2018] Akbar Bintang Cahyono, Pemain Serba Bisa
31 Desember 2018
[Kilas Balik 2018] Akbar Bintang Cahyono, Pemain Serba Bisa

Indonesia boleh sedikit bernafas dengan lega. Regenerasi pemain di sektor ganda sepertinya mulai bermunculan. Diantara para pemain yang siap menerima tongkat estafet prestasi adalah Akbar Bintang Cahyono. Bintangnya memang tengah bersinar di tahun 2018 ini. Pemain kelahiran Sukoharjo, 22 tahun yang silam, meraih berbagai prestasi di tahun 2018. Tak tanggung-tanggung ia bisa berprestasi di dua nomor sekaligus, ganda campuran dan ganda putra.Di tahun 2018 ini, tiga gelar juara bisa dipersembahkan olehnya. Dua dari ganda putra, satu gelar lainnya dari ganda campuran.

Bersama dengan Moh Reza Pahlevi Isfahani, Akbar merebut gelar juara ganda putra dari kejuaraan Finish Open 2018 dan Akita Masters 2018. Prestasi akbar di ganda putra tak berhenti sampai disitu. Di kejuaraan Hyderabad Open 2018 bisa menembus babak semifinal sebelum akhirnya menyerah di oleh pasangan tuan rumah Satwiksairaj RankiReddy/Chirag Shetty. Dua kali menjadi semifinalis juga sempat ia rasakan di turnamen Orleand Masters 2018  dan Bangka Belitung Indonesia Masters 2018.

Di ganda campuran prestasinya tak kalah gemerlap. Ia dan pasangan tetapnya Winny Oktavina Kandow bisa menjadi juara di Hyderabad Open 2018. Di babak final unggul atas pasangan tuan rumah Pranaav Jerry Copra/Reddy N Sikki. Ia hampir mencapai double winners di kejuaraan Finish Open 2018. Usai menang di ganda putra, Ia sebenarnya memiliki kesempatan untuk merah gelar kedua di ganda campuran. Namun usahanya kandas ditangan rekannya sendiri Alfian Eko Prasetyo/Marsheilla Gischa Islami. Akbar juga sempat mencicipi sebagai semifinalis di kejuaraan besar seperti Singapore Open 2018. Adalah pasangan senior Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menghentikannya di babak empat besar. Di Macau Open 2018 ia juga sempat masuk babak semifinal. Prestasi lainnya yang sempat dirasakan olehnya adalah menjadi perempat finalis di kejuaraan Thailand Masters 2018 dan Korea Masters 2018.

Akbar menutup tahun 2018 dengan memiliki modal peringkat yang bagus untuk tahun depan. Di ganda putra, ia dan Reza ada diurutan 35 dunia sementara di ganda campuran, Akbar semakin mantap dengan peringkat 30 dunia.  Saatnya bagi Akbar untuk lebih berprestasi lagi di tahun mendatang. (AR)