Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Indonesia Terhenti Di Semifinal, China Pertahankan Sudirman
18 Mei 2009
Indonesia Terhenti Di Semifinal, China Pertahankan Sudirman
 
 

Indonesia gagal menuju babak final Piala Sudirman 2009 yang berlangsung di Guangzhou Gymnasium, Sabtu (16/5) setelah ditaklukkan Korea Selatan 1-3.

Kegagalan Indonesia kali ini terjadi setelah partandingan keempat antara pasangan ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan ditekuk ganda putra Korea Selatan Jung Jae Sung/ Lee Yong Dae dengan skor 9-21, 19-21. Dengan kemenangan tersebut Korea Selatan memastikan diri melaju ke babak final berhadapan dengan China. Kepastian melawan China ditentukan setelah negara tersebut berhasil menumbangkan Malaysia 3-0 di pertandingan setelahnya.

Hendra Setiawan yang dipasangkan dengan Mohammad Ahsan menggantikan Kido setelah dinilai tidak mampu bermain maksimal akibat cedera. Pasangan Hendra/ Ahsan pada babak semifinal ini merupakan penampilan keduanya terlihat sangat sulit menahan serangan-serangan ganda putra Korea Selatan ini. Pada set pertama dengan bermain cepat namun permainan tetap dikendalikan pasangan Korea Selatan Jung Jae Sung/ Lee Yong Dae dan Hendra/ Ahsan hanya mampu meraih 9 poin.

Pada set kedua sepertinya Hendra/ Ahsan mengganti pola permainan dan sempat unggul 11-7. Paruh set kedua permainan menjadi menarik terjadi kejar-kejaran raihan poin namun Jung Jae Sung/ Lee Yong Dae menemukan bentuk permainannya kembali. Set kedua ditutup dengan 19-21 untuk pasangan Jung Jae Sung/ Lee Yong Dae.

Pada pertandingan yang dimainkan sebelumnya, Nova Widianto/ Liliyana Natsir harus mengakui keunggulan ganda campuran Korea Selatan Yong Dae/Lee Hyo Jung dengan skor 18-21, 15-21 dalam waktu 39 menit. Tertinggal satu poin Indonesia berhasil menyamakan poin menjadi 1-1 dengan kemenangan Sony Dwi Kuncoro pada nomor tunggal putra atas Park Sung Hwan. Dalam pertarungan seru yang menguras energi kedua pemain dalam waktu satu jam lebih akhirnya Sony unggul rubber set dengan skor 14-21, 21-15, 22-20.

Maria Kristin Yulianti yang diharapkan juga bisa meraih satu poin kemenangan tampil diluar perkiraan. Maria harus mengakui keunggulan tunggal putri Korea Selatan Hwang Hye Youn dengan skor 21-23, 19-21. Selama pertandingan terlihat Maria tidak tampil maksimal dan banyak melakukan kesalahan sendiri.

Kemudian pada pertandingan final, Minggu (17/05) ditempat yang sama, China berhasil mempertahankan piala Sudirman untuk ketujuh kalinya dengan menundukkan Korea Selatan 3-0.
China yang tidak pernah kehilangan satu poin dalam perjalanannya menuju final kembali memperlihatkan kegemilangannya tanpa kehilangan satu poin pun di partai final tadi malam. China yang bermain dihadapan publiknya sendiri mampu menggagalkan ambisi Korea Selatan meraih Piala Sudirman untuk keempat kaalinya. China meraih poin kemenangan dari nomor ganda campuran, tunggal putra dan ganda putra, sementara tunggal putri dan ganda putri tidak dimainkan setelah China meraih poin tiga pertama.

Hasil lengkap pertandingan Babak Final :

Ganda Campuran :
Zheng Bo/Yu Yang vs Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung 18-21, 21-19, 21-16.
Tunggal Putra :
Lin Dan vs Park Sung Hwan 21-14, 21-18.
Ganda putra :
Cai Yun/Fu Haifeng vs Jung Jae Sung/Lee Yong Dae 21-14, 17-21, 21-19.

(sumber: bulutangkis.com, tournament software)