Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > China Borong Tiga Gelar Juara
14 Maret 2011
China Borong Tiga Gelar Juara
 
 

China berjaya di kejuaraan All England Super Series 2011. Negeri tirai bambu ini memborong tiga gelar dari lima gelar yang di perebutkan. Sisa gelar juara di bagi rata oleh Malaysia dan Denmark. China memetik gelar pembuka melalui pemain tunggal putri terbaiknya, Wang Shixian. Di partai final, Wang menghentikan ambisi pemain Jepang Eriko Hirose. Tetapi Wang harus bekerja keras untuk bisa menundukkan pemain terbaik Jepang tersebut. Butuh waktu lima puluh lima menit bagi wang untuk mengalahkan Eriko dengan skor akhir 24-22, 21-18.

China merebut gelar juara melalui pasangan ganda putri Wang Xiaoli/Yu Yang. Unggulan ketiga ini menghempaskan pasangan Jepang yang sama sekali tidak diunggulkan, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa. Pertandingan ganda putri menjadi partai yang kurang menarik. Dominasi pasangan China begitu mengental. Di set pertama bahkan pasangan China hanya memberi angka dibawah 5, yakni 21-2. Hal yang sama terulang kembali di set kedua. Pasangan China begitu perkasa dengan menaklukkan pasangan Jepang tersebut dengan 21-9.

Gelar ketiga China di rebut pasangan Xu Chen/Ma Jin. Pasangan yang tidak memiliki unggulan ini, bisa unggul jauh atas pasangan Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam yang berada di unggulan ke tiga dengan 21-13, 21-9.

Partai ganda putra menjadi partai yang paling menarik selama partai final. Bermain di partai puncak antara unggulan utama asal Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen dengan unggulan ke lima asal Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong. Pada set pertama pasangan Malaysia memegang kendali permainan dan bisa merebut set pertama dengan 21-15. Set kedua ganti direbut pasangan Denmark dengan 21-18. Di set penentuan, sebenarnya pasangan Malaysia sudah jauh unggul dengan 16-11. Tetapi momentum kemenangan, tidak bisa dimanfaatkan secara optimal. Pasangan Denmark diluar diguaan bisa menyalib perolehan angka menjadi 17-16 dan menutup set ketiga dengan 21-18 sekaligus mengantarnya meraih gelar juara ganda putra.

Di final tunggal putra, terjadi pertarungan klasik antara Lee Chong Wei (Malaysia) dengan Lin Dan (China). Gelar juara tunggal putra All England kali ini menjadi milik Lee Chong Wei. Hanya dalam dua set, unggulan utama ini mendepak Lin Dan dengan 21-17, 21-17. Dengan keberhasilannya meraih gelar juara tunggal putra, membuat Lee Chong Wei sukses mempertahankan gelar juara. (AR)