Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Asia Junior Championships 2018] Sosok di Balik Keberhasilan Ribka/Febriana
22 Juli 2018
[Asia Junior Championships 2018] Sosok di Balik Keberhasilan Ribka/Febriana
 
 

Bendera merah putih berkibar paling atas yang diiringi oleh lagu Indonesia Raya sebagai pertanda keberhasilan atlet Indonesia meraih medali emas. Minggu (22/07) sore ini di GOR Jaya Raya Training Centre, medali emas tersebut dipersembahkan  Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma dalam ajang Asia Junior Championships 2018. Gelar juara Asia Junior pun berhak disandang kedua srikandi bulutangkis muda tersebut.

Namun di belakang atlet sukses, ada pelatih sukses di belakangnya. Dialah sosok Rudy Gunawan Haditono yang menjadi pelatih mereka sejak sebelum bergabung di Pelatnas hingga kini sama-sama menghuni Pelatnas.

“Gelar ini buat motivasi anak-anak didik saya supaya lebih baik,” tutur Rudy seusai mendampingi Ribka dan Febriana di pertandingan final.

Untuk pertandingan final ini, Rudy menerapkan resep tersendiri buat kedua anak didiknya.

“Saya bilang ke anak-anak, main gak usah mikirin menang kalah. Fokus dulu ke permainan, enjoy aja. Kalau di final sudah bukan teknis lagi yang berbicara, karena secara teknis mereka rata. Tetapi fsikis dan mental yang menentukan,” tambah Rudy.

Saat ini Rudy adalah pelatih ganda putri Pelatnas Pratama sejak tahun 2017. Sebelumnya ia merupakan pelatih klub PB Djarum. Di klub, ia mengantarkan anak didiknya menjadi juara Kejurnas Taruna 5 tahun berturut-turut yaitu Melati Daeva Oktavian/Rosyita Eka Putri(2012), Della Augustia/Uswatun Khasanah (2013), Ramadhani Hasiyanti Putri /Marsheilla Gischa (2014), Mychele Chrystine Bandaso/Serena Kani (2015) dan tentu saja Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma (2016).