Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Junior Championships 2017] Dari Audisi Umum ke Kejuaraan Dunia Junior
13 September 2017
[BWF World Junior Championships 2017] Dari Audisi Umum ke Kejuaraan Dunia Junior
 
 

Tahun 2013 lalu, Ribka Sugiarto bersama lebih dari 1,058 peserta mengikuti Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2013. Harapannya menjadi atlet tunggal pun harus ia kubur setelah tim pelatih PB Djarum menyarankannya untuk bergabung di sektor ganda.

Keputusan inipun tak salah, ia sukses bersinar di nomor ganda. Puncaknya, di akhir tahun 2016 lalu ia berhasil menjadi juara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2016 bersama Febriana Dwipuji Kusuma dan tercatat bergabung bersama Pelatnas di awal tahun 2017.

Tak hanya berprestasi di turnamen nasional, Ribka pun kerap bersinar di berbagai turnamen internasional tak hanya sektor ganda putri tetapi juga ganda campuran. Bahkan di Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships (WJC) 2017 yang akan digelar bulan depan, Ribka akan menjadi salah satu skuad merah putih.

Di konferensi pers WJC yang digelar pada Rabu (13/9) siang di Bali Room, Hotel Kempinski, Jakarta, Ribka mengungkapkan targetnya di turnamen paling bergengsi U19 itu. “Saya target masuk semifinal dulu. Gelar juara di Malaysia kemarin memang membuat saya semakin semangat dan yakin, tetapi saya tidak boleh lengah karena musuh-musuh nanti juga pasti kuat-kuat,” ujar Ribka.

Ribka yang sukses menjadi juara bersama Yeremia Erich Yoche Yacob di Malaysia Internasional Junior Open 2017 ini mengatakan belum mengetahui akan diturunkan di dua nomor ganda yang menjadi spesialisnya atau tidak. “Belum tahu akan main sama siapa, yang jelas saya sudah siap jika harus main rangkap ganda putri dan ganda campuran,” ungkap atlet yang lahir di Karanganyar ini.

Baca juga: [BWF World Junior Championships 2017] Giliran Pebulutangkis Muda Unjuk Gigi di Yogyakarta

PBSI pun tengah mempersiapkan atlet-atlet muda untuk turun di turnamen yang akan memperebutkan Piala Suhandinata (beregu) dan Piala Eye Level (perorangan). “Kami ingin mereka bisa memberikan prestasi terbaik di ajang ini,” ujar Wakil Ketua Umum II PP PBSI, Lutfi Hamid.

PBSI telah melakukan persiapan sejak tiga bulan lalu. Beberapa pemain muda Indonesia diharapkan mampu bersinar. Di antaranya adalah Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, Gregoria Mariska serta juara ganda campuran Kejuaraan Asia Junior (AJC) Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Profil lengkap Ribka bisa diakses di sini. (RI)

Baca juga: [Korea Open Superseries 2017] Lagi, Gregoria Kalahkan Busanan