Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Taufik Hidayat Maju Ke Perempat Final
27 April 2012
Taufik Hidayat Maju Ke Perempat Final
 
 

Taufik Hidayat akhirnya menjadi satu-satunya pemain tunggal putra Indonesia yang masih bertahan pada kejuaraan India Open Super Series 2012. Di babak kedua yang berlangsung pada hari kamis (26/4) kemarin, Taufik yang menjadi unggulan ketujuh mengalahkan pemain China Wang Zhengming. Berikutnya, Taufik akan menjalani partai klasik dengan menghadapi pemain nomor satu dunia saat ini, Lee Chong Wei (Malaysia).


Taufik membutuhkan waktu satu jam tiga menit serta perpanjangan game untuk menaklukkan Wang Zhengming. Kalah di game pertama dengan 16-21, Taufik memborong kemenangan di dua game tersisa dengan 21-16, 21-11.


“Pada game kedua saya banyak banyak mengandalkan permainan depan. Soal fisik, saya juga awalnya mengira akan sulit bermain tiga game, namun ternyata saya masih bisa dan justru lawan yang agak keteteran,” ujar Taufik usai pertandingan seperti yang di lansir web resmi PBSI.


Dengan kemenangan ini Taufik berhasil merubah rekor pertemuannya dari pemain muda China ini menjadi 3-2 untuk keunggulan Taufik. Pada babak perempat final yang akan di langsungkan hari ini (27/4), Taufik akan berhadapan dengan lawan dan juga sekaligus sahabatnya Lee Chong Wei dari Malaysia. Pada pertandingan resmi, sudah delapan belas kali mereka bertemu. Keunggulan masih di pegang oleh Lee Chong Wei dengan 12 berbanding 6.


“Di babak perempat final saya akan berjumpa Chong Wei, peluangnya bisa dilihat sendiri, saat ini Chong Wei ada di peringkat satu sementara saya peringkat 12. Kita lihat saja besok (hari ini –red) bagaimana hasilnya,” kata Taufik.


Tommy Sugiarto yang juga turun di babak Kedua, akhirnya harus terhenti. Menghadapai pemain dari Korea Selatan Wan Ho Shon, Tommy menyerah dengan 13-21, 17-21.


Pemain-pemain unggulan putra masih bertahan hingga babak perempat final. Chen Jin dari China yang menduduki unggulan ketiga masih berusaha mengejar gelar juara. Setelah menyabet gelar juara tunggal putra pada kejuaraan Asia pekan lalu, Chen Jin tengah membidik gelar juara di India agar poin yang di dapat menuju Olimpiade makin menguat. Di babak kedua kemarin, Chen Jin menang dari pemain Malaysia Muhammad Hafiz Hashim dengan 21-18, 21-15.


Unggulan ketiga asal Denmark Peter Hoeg Gade pun bisa melaju ke babak perempat final. Perjalanannya menuju babak perempat final di bayang-bayangi oleh pemain Thailand Tanongsak Saensomboonsuk. Peter harus bermain ketat sebelum akhirnya menang dengan 21-19, 22-20.


Lawan yang akan di hadapi oleh Taufik Hidayat di babak perempat final, Lee Chong Wei yang menjadi unggulan pertama juga dipaksa bermain rubber game pada saat bertemu pemain India, Ajay Jayaram  di babak kedua. Setelah menang di game pertama dengan 21-16, Ia kehilangan game kedua dengan 15-21. Pada game penentuan ia tak lagi membiarkan lawan berkembang dan menang mudah dengan 21-5.


Di tiga tempat tersisa di isi oleh pemain-pemain non unggulan yakni pemain muda Denmark Hans Kristian Vittinghus, Jen Hao Shu asal China Taipei yang menumbangkan unggulan ketiga Sho Sasaki asal Jepang, serta pemain tuan rumah Kashyap Parupalli. (AR)