Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Alamsyah Ke Babak Utama
22 September 2010
Alamsyah Ke Babak Utama
 
 

Jakarta – Tunggal putra Indonesia, Alamsyah Yunus akhirnya berhasil memastikan satu tempat di babak utama Jepang Super Series 2010. Perjuangan Alamsyah di babak pertama kualifikasi cukup sulit, dimana ia baru bisa memastikan lolos ke babak kedua kualifikasi setelah melakoni permainan melelahkan selama 50 menit.

Melawan Rei Sato, Alamsyah berhasil unggul sepanjang babak pertama. Ia membuka game pertama ini dengan cukup meyakinkan dimana ia berhasil memimpin dengan 7-3. Alamsyah yang dikenal sebagai atlet yang ulet dalam memepertahankan teritorinya berhasil membawa jeda di angka 11-7, sebelum akhirnya menutup game pertama ini dengan 21-14. Di game kedua permaianan tidak seketat game pertama, beberapa kali kedua pemain saling kehilangan banyak angka dalam satu kali perpindahan shuttlecock, Alamsyah pun menyerah 18-21.

Di game penentuan, atlet Indonesia yang kini menduduki posisi ke 49 dunia ini berhasil memimpin jauh 9-2 dan interval di angka 11-7. Keadaan sempat imbang diangka 14, tetapi Alamsyah yang ulet ini pun berhasil meraih lima angka berturut-turut untuk memipin 19-14. Meskipun sempat akan terkejar hingga kedudukan 19-18, tetapi dewi fortuna berpihak pada Alamsyah. Ia berhasil meraih tiga angka berikutnya dan menutup game pamungkas ini dengan 21-18.

Di partai final kualifikasi, Alamsyah terlihat lebih berada di atas angin. Di babak kedua kualifikasi ini, ia berhadapan dengan rangking 227 asal tuan rumah, Soshei Hoshino. Tanpa kesulitan sang juara pada 4 seri rangkaian Djarum Sirkuit Nasional ini berhasil lolos ke babak utama dengan skor meyakinkan 21-11 dan 21-9 hanya dalam tempo 24 menit saja.
Di babak pertama, Alam telah dinanti oleh tunggal Brice Leverdez dari Perancis. Diperkirakan pertarungan keduanya akan berlangsung cukup seru, dimana Brice saat ini tengah menduduki posisi ke 30 dunia, 19 angka lebih baik daripada Alamsyah Yunus.

Sementara itu di nomor tunggal putri, Linda Weni Fanetri harus kembali mengepak kopernya setelah ia gagal melaju ke babak utama. Linda yang menduduki 50 dunia ini gagal mengatasi lawannya, Eriko Tamaki yang menduduki rangking 300 dunia. Linda menyerah dalam pertarungan tiga game, setelah unggul telak 21-18 di game pertama, Linda kehilangan dua game berikutnya dengan 18-21 dan 12-21. Dengan demikian Indonesia kembali bertumpu pada Maria Febe Kusumastuti dan Ardianti Firdasari di babak utama.