Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Australia Open Super Series 2017] Owi/Butet Terhenti
21 Juni 2017
[Australia Open Super Series 2017] Owi/Butet Terhenti
 
 

Kejuaraan bulutangkis Australia Open Super Series 2017 sudah dimulai. Jika kemarin (20/6) babak kualifikasi sudah selesai dipertandingkan, maka Hari ini (21/6) babak pertama mulai dipertandingkan. Kejuaraan yang diselenggarakan di Sydney ini  menawarkan hadiah total sebesar US$ 750 ribu.

Namun belum juga babak pertama selesai di pertandingkan seluruhnya, kabar kurang sedap menyelimuti tim merah putih yang berlaga di Sydney Olimpic Park Sport Centre, Sydney. Ganda campuran andalan Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sudah harus mengepak koper lebih awal.

Pasangan yang biasa dipanggil dengan sebutan Owi/Butet ini bertemu dengan pasangan dari Malaysia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, ganda Indonesia tidak bisa menampilkan permainan terbaiknya. Dalam waktu 39 menit ganda Indonesia yang baru saja menjadi juara BCA Indonesia Open Superseries Premier 2017 menyerah straight game dengan  17-21, 16-21.

Kebugaran mereka menjadi salah satu alasan mengapa mereka terhenti lebih awal di negeri kanguru itu. Tontowi/Liliyana baru mendarat di Sydney pada Selasa (20/6) pagi, sementara pertandingan berlangsung Rabu (21/6) pagi.“Memang tidak bisa dipungkiri stamina kami belum kembali lagi, kami baru sampai Australia hari Selasa pagi dan selama di Indonesia Open mainnya malam terus. Tetapi hari ini lawan juga bermain cukup bagus, kami terlalu lambat start nya, kami juga kurang antisipasi,” ujar Liliyana seperti dilansir oleh Badmintonindonesia.org.

Baca juga: [Australian Open Super Series 2017] Praveen/Debby Balas Kekalahan

“Kami sudah mencoba untuk mengejar, tetapi ketrertinggalan kami terlalu jauh. Kami tidak bisa mempercepat irama permainan, tetap lambat. Saya sudah komunikasi sama Owi untuk lebih cepat, tetapi sampai game kedua masih ketinggalan terus. Lawan banyak kesempatan untuk menyerang kami,” tambah Liliyana.

Senada dengan Liliyana, Tontowi pun mengakui kondisi staminanya masih belum seratus persen. “Waktu recovery masih kurang, apalagi di Indonesia Open kami main habis-habisan. Di pertandingan tadi sih saya tahu mau main bagaimana dan harus lebih cepat, tetapi kondisi badan tidak mendukung. Memang ini tidak bisa dijadikan alasan, tetapi memang ini keadaannya. Lawan pun tampil bagus, tidak mudah mematikan mereka dalam sekali dua kali pukulan saja,” sebut Tontowi.

Kejutan masih terjadi di awal babak pertama. Selain Owi/Butet, unggulan 4 dari Denmark Joachim Fischer Nielsen/Chrisitinna Pedersen juga harus terhenti. Adalah pasangan dari China Wang Yilyu/Huang Dongping yang mengalahkannya dengan 21-19, 21-15.

Sementara itu, unggulan pertama Zheng Siwei/Chen Qingchen memastikan diri ke babak kedua. Pemain asal Tiongkok ini  masih terlalu tangguh bagi lawannya Mathias Christiansen/Sara Thygesen. Zheng/Chen menang dari ganda Denmark dengan 21-18, 21-16. Ikut melangkah ke babak kedua pasangan suami istri asal Inggris  Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Unggulan ke-5 ini menang 21-15, 21-13 dari pasangan Australia Simon Wing Hang Leung/Tiffany Ho. (AR)

Baca juga: [SEA Games 2017] 20 Pemain Masuk Daftar Skuat Inti SEA Games