Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Sudirman 2017] Korea Rebut Piala Sudirman
28 Mei 2017
[Piala Sudirman 2017] Korea Rebut Piala Sudirman
 
 

Luar biasa, tim kuda hitam Korea akhirnya bisa merebut piala Sudirman dari unggulan pertama, Tiongkok. Korea membuktikan jika posisi unggulan bukanlah segala-galanya. Pada partai penentuan yang memainkan nomor ganda campuran setelah posisi imbang 2-2, Korea bisa menutupnya dengan kemenangan 3-2.  Piala yang sudah bersarang di Tiongkok untuk enam kali periode secara berturut-turut akhirnya terbang ke negeri ginseng, Korea.

Posisi Tiongkok di partai kelima berada di ujung tanduk. Secara peringkat pasangan Tiongkok memang lebih di unggulkan di banding pasangan Korea. Lu Kai/Huang Yaqiong adalah pasangan peringkat dua dunia sementara Solgyu Choi/Chae Yoo Jung ada di urutan 12 dunia. Dari rekor pertemuan memang masih sama kuat 2-2, tetapi Tiongkok Lupa  jika Lu Kai/Huang Yaqiong kalah di dua pertemuan terakhir. Dan terbukti, Solgyu Choi/Chae Yoo Jung kembali menang atas Lu Kai/Huang Yaqiong.

Baca juga: [Piala Sudirman 2017] Tiongkok Masih Terbanyak

Menegangkan, adalah kata yang tepat untuk menggambarkan pertandingan partai pamungkas. Pasangan Korea yang sempat unggul bisa di samakan ganda Tiongkok menjadi 12-12. Lebih mendebarkan lagi ternyata angka sama terus berlanjut sampai 16-16. Lepas dari angka sama terakhir ganda Korea bermain lebih lepas sehingga bisa mengeluarkan semua kemampuannya sampai akhirnya menang dengan 21-17.

Semangat bertanding pasangan Korea di game kedua tak pernah kendur. Sementara pasangan Tiongkok yang tampil dalam keadaan tertekan mulai banyak membuat kesalahan yang tidak berarti. Hal ini jelas menguntungkan pasangan Korea yang untuk sementara aman di jeda game kedua dengan 11-7. Pasangan Korea terus menekan setelah break game kedua. Tekanan ganda Korea jelas membuat ganda Tiongkok mati kutu. Korea akhirnya memastikan diri menang 21-13 setelah bola Huang Yaqiong gagal melewati jaring. (AR)