Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Sudirman 2017] Tiongkok Masih Terbanyak
28 Mei 2017
[Piala Sudirman 2017] Tiongkok Masih Terbanyak
 
 

Perebutan piala Sudirman 2017 sudah berakhir. Korea Selatan yang membawa banyak pemain muda ke Gold Coast, Australia, di luar dugaan bisa mencuri Piala Sudirman dari Tiongkok, dengan kedudukan akhir 3-2. Piala lambang supremasi beregu campuran pun terbang ke Korea Selatan setelah enam kali secara berturut-turut bertahan di Tiongkok.

Namun, mau tak mau harus di akui bahwa Tiongkok adalah negara yang paling banyak memegang piala Sudirman. Sejarah mencatat, negeri yang kini menjadi kiblat bulutangkis dunia ini telah merebut sebanyak sepuluh kali. Tiongkok bahkan enam kali berturut-turut mempertahankan piala yang di ambil dari nama tokoh bulutangkis Indonesia. Di mulai dari tahun  2005 China merebutnya sampai tahun 2015.

Baca juga: [Piala Sudirman 2017] Korea Rebut Piala Sudirman

Pesaing terdekat adalah Korea Selatan. Negeri yang terkenal dengan Ginsengnya ini telah merebut piala sebanyak empat kali, termasuk yang paling anyar di Gold Coast, Australia pada tahun 2017.

Indonesia sebagai negara pencetus baru sekali menjadi juara. Pada tahun 1989, di awal kejuaraan ini di mulai, Indonesia bisa meraihnya dengan mengalahkan Korea Selatan.

Sampai saat ini, baru Tiongkok, Korea Selatan dan Indonesia yang baru bisa membawa pulang piala yang di selenggarakan setiap dua tahun sekali ini. Negara kuat lainnya seperti Jepang, Denmark malah hanya baru bisa tampil sebagai finalis. Thailand, Inggris, Malaysia memiliki perstasi terbaik sebagai semifinalis. (AR)