Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > China Gagal Sapu Bersih Bulutangkis
22 November 2010
China Gagal Sapu Bersih Bulutangkis
 
 

Walaupun ada beberapa orang yang mengatakan China bermaksud menyapu bersih seluruh medali emas dari cabang olahraga bulutangkis Asian Games 2010, apalagi setelah perkawinan emas di kategori grup, namun ternyata hal tersebut sekarang tinggal impian karena emas perseorangan tersebar ke tiga negara, salah satunya Indonesia.

Hari ini dua pertandingan final terakhir diadakan, yakni, tunggal putra dan ganda campuran. Tunggal putra mempertandingkan harapan utama China, Lin Dan melawan harapan utama Malaysia, Lee Chong Wei. Walaupun banyak yang berharap pertandingan ini akan menjadi pertandingan klasik luar biasa antara dua orang yang dianggap berada di level yang berbeda dari pebulutangkis tunggal putra lainnya di seluruh dunia, namun ternyata sang macan Lin Dan mengganas lebih dari biasanya di kandangnya sendiri sehingga walaupun bermain tiga set, pada set penentuan Chong Wei sudah tidak begitu bisa berkutik. Lin Dan merebut medali emas dengan kemenangan 21-13, 15-21, dan 21-10.

China juga menjadi finalis di partai ganda campuran. Kali ini pasangan muda, Zhang Nan/Zhao Yunlei yang menjadi perwakilan melawan Shin Baek Cheol/Lee Hyo Jung dari Korea Selatan. Inilah harapan terakhir negara non-China untuk mengikis sedikit dominasi China di rentetan perebut medali emas bulutangkis. Dan kali ini kepiawaian Lee yang sudah begitu matang dan berpengalaman yang terpaduapik dengan permainan cepat dan menekan dari Shin berhasil membawa mereka ke podium juara dengan skor 21-19 dan 21-14.

Dengan demikian, lima medali emas perorangan bulutangkis terbagi ke tiga negara. China mendapat tiga dari tunggal putra, tunggal putri (melalui Wang Xin), dan ganda putri (melalui Wang Xiaoli/Yu Yang); Indonesia mendapat satu dari ganda putra melalui Markis Kido/Hendra Setiawan; dan Korea Selatan satu emas persembahan dari Shin Baek Cheol/Lee Hyo Jung. (DC)