Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Menyongsong Axiata Cup 2013
18 Maret 2013
Menyongsong Axiata Cup 2013
 
 

Kejuaraan Axiata Cup kembali digelar. Edisi tahun 2013 ini, Axiata Cup akan dilaksanakan di Surabaya dan Kuala Lumpur. Kejuaraan ini menyediakan hadiah total 1 juta dolar. Hadiah bagi pemenang sebesar 400 ribu dolar Amerika, hadiah pemenang bagi tim yang lain akan didistribusikan dengan hadiah juara kedua US$200,000, US$150,000 (juara ketiga); US$100,000 (juara keempat); US$60,000 (kelima); US$40,000 (keenam); US$30,000 (ketujuh) dan  US$20,000 (kedelapan).

Surabaya akan mendapat kesempatan pertama menyelenggarakan babak penyisihan dengan sistem round roubin pada tanggal 21-24 Maret 2013. Penyisihan putaran kedua akan  berlangsung di Kuala Lumpur 29-31 Maret 2013. Tim yang mengumpulkan nilai tertinggi akan melaju ke semifinal dan final yang berlangsung di Kuala Lumpur 13-14 April 2013. Sistem pertandingan adalah beregu dengan menampilkan empat partai yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda campuran.

Pemain-pemain Pelatnas asal PB Djarum seperti Tontowi Ahmad, Mohammad Ahsan, Muhammad Rijal, Muhammad Ulinnuha, Dionysius Hayom Rumbaka dan Debby Susanto akan bergabung dengan rekan-rekannya untuk memperkuat tim Indonesia. Pemain Indonesia lainnya yang bersiap diturunkan adalah Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Tommy Sugiarto, Ryan Agung Saputro, Angga Pratama, Hendra Setiawan, Ricky Karanda Suwardi, Bona Septano, Lindaweni Fanetri, Adriyanti Firdasari, Bellaetrix Manuputty dan Liliyana Natsir . Tim Indonesia ini akan bersaing dengan 7 tim lainnya yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, Vietnam, Tim Asia dan Tim Eropa.

Tahun lalu, Indonesia yang mengirimkan dua tim, berhasil mencetak All Indonesian Final. Indonesia Garuda yang beranggotakan Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, Markis Kido, Hendra Setiawan, Bona Septano dan Mohammad Ahsan, berhasil menjadi juara. Mereka mengalahkan Indonesia Rajawali yang diperkuat Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka, Shesar Hiren Rhustavito, Hendra A Gunawan, Alvent Yulianto, Angga Pratama dan Ryan Agung Saputro. (HK)