Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Sudirman 2017] Tiongkok Hadapi Korea di Babak Final
27 Mei 2017
[Piala Sudirman 2017] Tiongkok Hadapi Korea di Babak Final
 
 

Tim Tiongkok akan bertemu dengan Tim Korea Selatan pada babak final Sudirman Cup 2017 yang berlangsung di Gold Coast, Australia. Tiongkok secara dramatis menang dari tim tangguh Jepang pada babak semifinal hari ini dengan kedudukan akhir 3-2.

Tiongkok gagal mengamankan angka pertama. Nomor ganda campuran yang di gadang-gadang milik Tiongkok lepas. Tiongkok yang mengusung ganda nomor satu dunia Zheng Siwei/Chen Qingchen, di luar dugaan kandas di tangan ganda campuran nomor 22 dunia asal Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan rubber game 12-21, 21-14, 19-21. Padahal di dua pertemuan sebelumnya ganda Tiongkok perkasa mengalahkan lawannya dalam dua game.

Nomor tunggal putra memang milik Tiongkok. Sang Super Dan yang di percaya turun pada partai kedua lebih matang ketimbang tunggal Jepang Kenta Nishimoto. Lin Dan menang straight game dengan 21-19, 21-16.

Baca juga: [Piala Sudirman 2017] Liu: Kami Sudah Mempersiapkan Diri

Pertandingan menarik di ganda putra akhirnya di menangkan ganda Tiongkok. Li Junhui/Liu Yuchen membawa Tiongkok unggu sementara 2-1 dari Jepang setelah menang dari ganda kuat Jepang Takheshi Kamura/Keigo Sonoda dengan 23-21, 21-16.

Mundurnya pemain putri Tiongkok bermarga Wang seperti Wang Yihan dan Wang Shixian serta tak adanya Li Xuerui membuat kekuatan Tiongkok tak seperti dulu lagi. Jepang justru kini merajalela. Terbukti pada partai ke empat yang memainkan nomor tunggal putri bisa  di rebut pemain Jepang Akane Yamaguchi yang menang dari wakil Tiongkok, Sun Yu dengan 21-17, 21-15. Kemenangan Akane Yamaguchi membuat hasil pertandingan sama kuat 2-2.

Pada partai penentuan, kedua peserta semifinal menurunkan ganda putri terbaiknya. Jepang mempercayakan kepada pemegang medali emas Olimpiade Rio 2016 Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi sementara Tiongkok menurunkan pasangan masa depan Chen Qingchen/Jia Yifan. Dengan cerdik pasangan Tiongkok menekan pasangan Jepang terutama pada Misaki Matsutomo yang kali ini bermain tidak sebaik seperti biasanya.

"Melawan Jepang hari ini, merupakan pertandingan yang berat dan kami sudah memperkirakan pertandingan akan mencapai partai kelima, kami sudah mempersiapkan semua pemain untuk menjaga poin hingga terakhir dan terus berjuang karena jika pertandingan belum selesai, itu beum selesai," kata Pelatih Kepala sektor ganda Zhang Jun.

Akhirnya pasangan Tiongkok ini bisa menang dengan 21-12, 21-19 dan membawa Tiongkok ke partai puncak untuk bertemu dengan Korea Selatan. Korea Selatan sendiri pada babak semifinal menang 3-1 dari Thailand.

"Untuk pertandingan petandingan besok, kami memiliki masalah di kebugaran karena Korea main pertama dan ada waktu istirahat. Akan tetapi kami percaya diri karena kami memiliki banyak pemain muda yang fisiknya bagus dan berteknik tinggi. Setidaknya kami yakin bisa menang 52 persen di partai final besok," ucap Zhang. (AR)

Baca juga: [Piala Sudirman 2017] Akane Gemilang, Ayaka/Misaki Gagal Sumbang Angka