Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2018] Owi/Butet Mulus ke Babak Kedua
25 April 2018
[Badminton Asia Championships 2018] Owi/Butet Mulus ke Babak Kedua
 
 

Turnamen elit kawasan Asia mulai menggelar babak pertama. Di nomor ganda campuran, ganda andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses mengantongi kemenangan pertama mereka di Wuhan, Tiongkok.

Berlaga pada Rabu (25/4), pasangan yang akrab disapa Owi/Butet ini berhasil menghentikan langkah wakil Jepang, Yuki Kaneko/Koharu Yonemoto dalam dua game langsung 21-18 dan 21-12.

"Dari awal sudah benar mainnya, tapi agak kendor di poin-poin akhir. Ini yang harus menjadi koreksi buat kami, jangan gampang buang dua, tiga, empat poin, nggak kerasa lawan sudah mengejar, kami panik. Di saat-saat seperti ini, saya juga harus banyak mengingatkan Owi," kata Liliyana seperti dilansir oleh Badmintonindonesia.org.

"Saat itu saya memang banyak mengarahkan shuttlecock ke atas, dan pertahanan saya kurang siap. Di game kedua, pasangan Jepang ini tidak mudah dimatikan, ditambah lagi kondisi shuttlecock yang berat," Tontowi menjelaskan.

Menghadapi ketatnya persaingan ganda campuran saat ini, di mana pemain-pemain muda mulai menunjukkan taring mereka di arena, Owi/Butet menuturkan lebih fokus untuk menjaga kondisi dan stamina mereka.

Baca juga: [Djarum Sirnas Riau Open 2018] Nurani Bidik Gelar Juara

"Kami lebih persiapkan stamina karena shuttlecock di sini berat, jadi untuk kami pemain yang nggak muda lagi, harus pintar-pintar atur kondisi di situasi seperti ini," ujar Liliyana.

"Buat saya sekarang dari babak awal semua lawan itu berat, karena yang kami lawan itu pemain-pemain muda semua. Pasti mereka lebih cepat, lebih kuat, jadi kami banyak main di strategi dan untuk menerapkan ini, butuh komunikasi yang baik dengan pasangan," tambahnya.

Namun sayang, langkah Owi/Butet gagal diikuti oleh pasangan yang baru diduetkan awal tahun ini, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Mereka harus mengakui keunggulan wakil Hong Kong, Tan Chung Man/Tse Ying Suet dengan 16-21 dan 12-21. (RI)