Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia International Challenge 2013] Indonesia Raih 2 Gelar Juara
18 November 2013
[Malaysia International Challenge 2013] Indonesia Raih 2 Gelar Juara
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Dipenghujung tahun 2013, para pebulutangkis Indonesia kembali menorehkan pretasi yang membanggakan. Pada kejuaraan Malaysia International Challenge 2013, Indonesia berhasil memboyong dua gelar juara. Prestasi Indonesia masih lebih baik ketimbang tuan rumah Malaysia yang hanya meraih satu gelar juara saja.

Indonesia memastikan satu gelar juara melalui nomor ganda campuran. Wakil Indonesia di babak final, Alfian Eko Prasetyo/Shendy Puspa Irawati mempersembahkan gelar juara di kejuaraan yang menyediakan hadiah sebesar US$ 15.000,-. Pasangan yang belum lama bersanding ini  menang dari pasangan China Taipei yang lebih diunggulkan. Wang Lin Chi/Wu Ti Jung yang menjadi unggulan ke- 2 takluk di tangan pasangan Indonesia yang menempati unggulan ke-3. Pasangan Indonesia menang straight game dengan 21-15, 21-16.

"Kunci kemenangan kami adalah fokus di lapangan. Sebetulnya hari ini kami bermain lebih santai, karena lawan terberat sebetulnya justru di semifinal. Di final, kami hanya ingin memberikan hasil yang terbaik," ujar Shendy kepada badmintonindonesia.org.

Alfian Eko Preasetyo membuat double winners dengan merebut gelar juara lagi. Setelah di ganda campuran bersama Shendy berdiri di podium utama, kai ini bersama Selvanus Geh, ia pun berdiri untuk kedua kalinya di podium juara.  Menghadapi wakil tuan rumah Malaysia, ganda yang juga baru pertama kali disatukan ini, bermain cemerlang. Chooi Kah Ming/Teo Ee Yi dikalahkan oleh ganda putra Indonesia dalam dua game saja, 21-15, 21-13.

"Kami bisa bermain lepas dan tenang, meskipun melawan wakil tuan rumah. Saya sendiri sudah yakin menang, karena sebelumnya pernah bertemu pasangan Malaysia ini,"
ungkap Selvanus 

Harapan untuk bisa menambah gelar juara dari tunggal putra kandas. Ivanuddin Rifan Fauzin, yang berkali-kali mengalahkan pemain unggulan, kali ini harus menyarah di tangan pemain tuan rumah Malaysia Mohamad Arif Abdul Latif. Ivanudin kalah dua game 12-21-13-21.

Jepang meraih satu gelar juara melalu ganda putrinya, Kugo Asumi/Yui Miyauchi. Ganda Jepang ini mengalahkan unggulan pertama ganda putri asal Malaysia Amelia Alicia Anscelly/Fie Cho Soong dengan 21-17, 21-14.

China Taipei memenangi nomor tunggal putri. Dua pemain asal China Taipei saling berhadapan di partai puncak. Hsu Ching Ya, pemain unggulan ke-3 tunggal putri ini menang dari rekannya Pai Yu Po dengan 21-6, 21-13. (AR)

Hasil Final

Ganda campuran: Alfian Eko Prasetyo/Shendy Puspa Irawati (INA) - . Wang Lin Chi/Wu Ti Jung (MAS) : 21-15, 21-16.
Tunggal putra: Mohamad Abdul Latif (MAS) - Ivanuddin Rifan Fauzin (INA) 21-12, 21-13
Ganda putri: Kugo Asumi/Yui Miyauchi (JPN) - Amelia Alicia Anscelly/Fie Cho Soong (MAS)  : 21-17, 21-14.
Tunggal putri: Hsu Ya Ching (TPE)  - Pai  Yu Po (TPE) : 21-6, 21-13
Ganda putra: Alfian Eko Prsetyo/Selvanus Geh (INA)  - Chooi Kah Ming/Teo Ee Yi (MAS): 21-15, 21-13.